Waspadai Beberapa Gejala Ambeien pada Wanita yang Sering Muncul

Ambeien merupakan suatu kondisi dimana pembuluh darah yang ada di sekitar usus besar bagian akhir membengkak dan terjadi pendarahan. Ambeien merupakan suatu kondisi yang bisa terjadi pada siapa saja. Akan tetapi, wanita memiliki resiko lebih tinggi untuk mengalami penyakit ambeien karena pengaruh hormonal dan persalinan. Oleh karena itu, penting bagi seorang wanita untuk mengetahui gejala apa saja yang terjadi saat terkena ambeien sehingga mereka bisa mengatasinya.

Salah satu gejala dari penyakit ambeien adalah keluarnya darah saat Buang Air Besar (BAB). Kondisi ini akan lebih parah terjadi jika feses yang dikeluarkan keras. Penyakit ambeien pada wanita juga akan memunculkan gejala iritasi dan nyeri yang terjadi pada anus. Penderita akan merasa nyeri di sekitar bagian anus terutama saat mereka duduk. Oleh karena itu, banyak penderita ambeien yang kesulitan untuk melakukan aktivitas terutama duduk dalam rentang waktu yang cukup lama.

Gejala lain yang timbul akibat penyakit ambeien adalah rasa gatal yang sangat pada area sekitar anus. Rasa gatal ini bisa menyerang kapan saja termasuk saat malam hari. Oleh karena itu, banyak wanita yang tidak bisa tidur ketika mengalami penyakit ambeien. Selain itu, penyakit ambeien juga bisa menyebabkan benjolan yang muncul dengan ukuran yang bervariasi. Benjolan tersebut akan muncul di sekitar anus maupun rektum. Oleh karena itu, bagi wanita yang memiliki beberapa gejala di atas disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan tindakan medis yang tepat.