Awas! Ini Dia Bahaya Gas Bocor

Jual molecular sieve 13x- Tahukah Anda bagaimana berbahayanya gas bocor? Gas bocor bukan hanya menyebabkan kebakaran saja, namun gas bocor dapat membahayakan Kesehatan Anda saat gasnya terhirup. Namun sangat disayangkan masih banyak orang yang tidak tahu atau tidak sadar bahwa mereka menghirup gas bocor. Mereka juga tidak tahu ciri-ciri gas bocor apa saja. Padahal dengan deteksi dini, Anda bisa menyelamatkan diri sendiri dan orang lain dari bahayanya gas bocor. Karena itulah Anda perlu tahu ciri-ciri dari tabung gas bocor itu seperti apa. Apalagi tak jarang kejadian yang berkaitan dengan gas bocor cukup sering terjadi di rumah, Anda tidak mau hal itu terjadi pada Anda bukan? Anda juga harus tahu apa saja gejala dari keracunan gas dan bagaimana cara mencegah kebocoran gas.

Sebenarnya gas alam tidak mempunyai warna, tidak ada rasanya, tidak berbau, serta tidak membuat iritasi jika terkena bagian tubuh kita. Hal inilah yang membuat kebocoran gas di fase awal menjadi sulit untuk dideteksi. Biasanya orang baru menyadari terjadi kebocoran gas pada saat jumlah gas sudah banyak sekali di ruangan tersebut. Perusahaan gas akan menambahlan mercaptan untuk mencegah terjadinya ketidaksadaran manusia jika terjadi gas bocor. Apa itu mercaptan? Zat kimia ini adalah jenis zat kimia yang mempunyai bau namun tidak berbahaya. Bau dari mercaptan mirip bau telur busuk atau belerang. Jika terjadi kebocoran gas pada tabung, maka akan keluar bau menyengat dari mercaptan. Jika Sudah ada bau tersebut, maka ini adalah tanda awal bahwa tabung gas Anda mengalami kebocoran.

Selain terdapat bau busuk, tabung gas yang bocor juga akan mengeluarkan suara berdesis. Suara berdesis ini adalah pertanda bahwa regulator pada tabung gas mengalami kerusakan atau pemasangannya salah. Selain itu, jika ada gas bocor maka akan terdapat asap putih bahkan gelembung pada genangan air di sekitar tabung gas. Perhatikan pula warna api pada kompor. Jika tidak ada warna biru, maka sudah pasyi bahwa tabung gas Anda mengalami kebocoran.

Lalu bagaimana gejala dari keracunan gas? Gas bocor bisa membahayakan Kesehatan Anda. Beberapa gejala yang sering dialami oleh orang yang keracunan gas antara lain pusing yang tidak bisa ditahan, sakit kepala, lelah, lemas, muntah, mual, sesak napas, kesulitan bernapas, kulit melepuh, kulit pucat, iritasi mata, iritasi tenggorokan, bahkan bisa terjadi gegar otak pula. Resiko akibat terjadi keracunan gas memang sangat berbahaya, bahkan bisa menimbulkan kematian. Karena itulah Anda juga harus paham apa saja yang harus dilakukan jika terjadi kebocoran gas.

Tentu saja hal pertama yang harus Anda lakukan adalah tetap tenang dan jangan panik. Meskipun terkadang hal ini cukup sulit dilakukan pada saat seperti itu, tapi tetap tenang dan jangan panik adalah hal wajib. Setelah itu, cek regulator pada tabung gas dan cabut. Pada saat terjadi kebocora gas, hindari alat-alat yang berhubungan dengan listrik. Jika ada yang masih tersembung dengan listrik, maka segera dicabut. Hindari pula menyalakan api atau rokok karena jika terjadi kebakaran maka api dapat menyebar dengan mudah. Bukalah semua pintu dan jendela. Langkah terakhir adalah panggil pemadam kebakaran atau nomor darurat. Lalu segera pindah ke tempat yang lebih terbuka.

Untuk mencegah hal ini terjadi Kembali, selalu cek apakah regulator terpasang dengan benar. Serta memastikan bahwa tabung gas yang Anda beli sudah mempunyai standar SNI dan dibeli dari agen yang terpercaya.