3 Universitas Luar Negeri Dengan Jurusan Kedokteran Terbaik

Memiliki kesempatan belajar di universitas luar negeri dengan jurusan kedokteran terbaik, tentu menjadi cita-cita banyak pelajar yang tertarik di dunia kesehatan. Kuliah luar negeri di universitas terbaik, tidak hanya akan didukung oleh fasilitas praktik yang baik pula. Sehingga mahasiswa akan mendapat tidak hanya pengetahuan teori melainkan juga dari praktik langsung.

Lulusan universitas luar negeri dengan jurusan kedokteran terbaik, tentu juga akan dianggap memiliki pengetahuan yang mumpuni dalam bidang kedokteran. Jadi nggak perlu bingung mencari pekerjaan, karena akan banyak layanan kesehatan yang akan membutuhkan.

Berikut daftar universitas luar negeri dengan jurusan kedokteran terbaik, beserta informasi pendidikannya.

University of Oxford

University of Oxford merupakan universitas tertua di Eropa yang selama ini banyak jadi rujukan bagi pendidikan kedokteran seluruh dunia. Universitas ini didirikan sejak 1096 oleh Alfred the Great of England. University of Oxford saat tahun 2021 ini menempati peringkat 1 dunia selama bertahun-tahun.

Bagi yang tertarik dengan dunia kesehatan dan ingin mengambil jurusan kedokteran, Oxford bisa jadi universitas yang tepat. Pasalnya Anda akan belajar dengan para ahli kedokteran dunia. Waktu kuliah kedokteran disana sekitar 6 tahun, dimana Anda akan mempelajari ilmu pra klinis dan klinis.

Materi pra klinis merupakan tahap awal yang harus dipelajari, yaitu belajar tentang teori dan ilmu kedokteran secara umum. Baru pada tahun kedua, ketiga dan seterusnya, Anda akan mulai praktik klinis secara langsung yaitu dengan melakukan praktik dokter, seperti membedah dan praktik pengobatan lainnya.

University of Cambridge

Bagi yang sebentar lagi lulus sekolah menengah dan masih bingung cari universitas luar negeri dengan jurusan kedokteran terbaik University of Cambridge adalah pilihan yang wajib dipertimbangkan. Universitas yang sudah berusia sekitar 812 tahun ini memiliki tingkat pendidikan kedokteran yang mumpuni.

Bagi warga Indonesia yang bisa menempuh pendidikan di Eropa, terlebih lagi mendapat gelar sarjana dari University of Cambridge tentu akan sangat membanggakan. Pasalnya universitas ini termasuk jadi tujuan pendidikan oleh pelajar di Dunia.

Sebagai ilmu yang mempelajari tentang kesehatan dan menyangkut nyawa seseorang, mahasiswa kedokteran Cambridge akan memiliki jadwal praktek, belajar yang cukup padat, jadi pastikan Anda sudah mempersiapkan diri dengan matang yah. Waktu pendidikan kedokteran di University of Cambridge rata-rata selama 6 tahun.

Bagi mahasiswa yang belajar di Fakultas Kedokteran di Universitas Cambridge akan memiliki lingkungan belajar yang terbaik, karena langsung praktik di Cambridge University Hospitals NHS Trust dan Cambridge Biomedical Campus yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Imperial College London

Imperial College London adalah kampus negeri di Inggris yang terkenal akan riset penelitiannya. Maka tercatat sebagai universitas terbaik di dunia ke 20, memang patut didapatkan. Diantara fakultas yang paling banyak diminati di Imperial College London adalah jurusan kedokteran.

Imperial College London menyediakan fasilitas ilmu kedokteran terbaik. Anda akan belajar tentang teori dan praktik dengan didampingi langsung oleh tenaga pendidik sekaligus orang yang ahli di bidang kesehatan. Berbeda dari universitas lain, disini Anda akan langsung berhadapan langsung dengan pasien sejak tahun pertama.

Pendidikan kedokteran selama ini memang dianggap sebagai pendidikan bergengsi, baik kuliah dalam negeri maupun  kuliah luar negeri biasanya biayanya di atas rata-rata dari jurusan pendidikan lainnya. Namun karena sudah banyak jalur beasiswa tersedia, seharusnya ini bisa membuat semua pelajar tetap semangat untuk belajar dan mengejar impian menjadi dokter.