Tips dan Cara Mengeluarkan Lendir Pada Bayi dengan Aman

Saat bayi mengalami batuk dan pilek pasti sebagai orang tua akan merasa cemas. Hal ini bisa Anda konsultasikan kepada dokter agar mendapatkan penanganan yang benar. Namun, Anda bisa melakukan penanganan pertama untuk mengatasi bayi pilek dan batuk. Ketahui cara mengeluarkan lendir pada bayi yang benar agar lekas membaik.

Kondisi lendir pada saat bayi pilek dan batuk akan sangat mengganggu kenyamanan bayi terlebih bayi yang baru saja lahir. Segera lakukan penanganan ketika bayi mulai mengalami pilek dan batuk. Apabila telat dalam menangani masalah tersebut bisa menyebabkan kondisi batuk dan pilek semakin memburuk.

Cara Mengeluarkan Lendir Pada Bayi

Bayi memang sangat rentan terkesan penyakit batuk dan pilek. Untuk batuk dan pilek pada bayi yang baru lahir, penggunaan obat-obatan untuk mengatasi batuk dan pilek sangat tidak disarankan. Anda bisa melakukan beberapa cara berikut untuk mengatasi lendir pada bayi:

  1. Pastikan bayi cukup asupan ASI.

  2. Bersihkan hidung bayi secara rutin menggunakan cotton bud.

  3. Gunakan Cairan Saline atau Saltwater pada bayi di bawah usia 6 bulan.

  4. Lakukan penguapan dengan cara menguapkan bayi di atas baskom yang sudah diisi air panas.

  5. Tepuk-tepuk bayi agar lendir dan dahak pada bayi cepat keluar.

Lima cara mengeluarkan lendir pada bayi di atas sangat efektif dan dapat dilakukan setiap hari. Selalu jaga kebersihan ibu dan bayi sehingga bayi dapat terhindar dari virus terlebih ketika musim pancaroba.