22 Tempat Wisata Di Banda Aceh

Banda Aceh merupakan sebagai salah satu kota yang berada di Provinsi Aceh, Banyak yang mengatakan bahwa ini merupakan Kota Islam yang tertua di Asia Tenggara. Di Aceh ini banyak jejak sejarah, tentunya bisa menjadi edukasi untuk Anda terkait Islam di Asia Tenggara.

Selain notabenya memiliki peradaban Islam yang tua, disana juga banyak destinasi wisata baik sejarah maupun edukai atau wisata Alam. Banyak sekali destinasi wisata yang bisa kita temukan disini, sehingga ketika Anda berkunjung kesini tidak akan kebingungan jika ingin mencari tempat wisata.

Beberapa tempat yang bisa kita kunjungi bisa kita lihat disini, mungkin saja ini bisa menjadi refernsi untuk Anda yang ingin berkunjung kesana.

11 Tempat Wisata Di Banda Aceh Wajib Dikunjungi

  1. Taman Gunongan

Ini merupakan salah satu bangunan bersejarah yang menyerupai Taj Mahal di India, dengan nuanasa bangunan putih megah yang terhubung ke Istana. Selain terdapat nagunan tersebut Anda juga bisa menikmati taman yang ada disini yang dikelilingi dengan taman hijau dan Kolam.

Taman ini berada di daerah Baiturrahman, tempat ini tidak hanya terkenal dengan keindangan di kalangan wisatawan local saja, akan tetapi sampai dengan negeri tetangga.

  1. Pemakaman Kerkhof Peutjoet

Ini juga salah satu tempat bersejarah, wisata yang berupa makam ini menjadi saksi bisu sejarah penjajahan di Indonesia. Disini terdapat dua ribu lebih prajurit Indonesia dan Belanda.

Kemudian pada bagian depan terdapat Museum Tsunami, Ini merupakan sebuah kompleks monumen yang memiliki bentuk kapal. Monumen tersebut berguna untuk mengenang peristiwa tsunami yang sudah pernah terjadi di Aceh.

  1. Pantai Lampuuk

Ini merupakan salah satu Pantai yang unik ada di Banda aceh, dengan pasir putih serta lautan berwarna hijau zamrud yang cukup menawan. Di pantai yang ada di daerah Lhoknga juga ada konservasi penyi untuk kawasan edukasi biota laut. Anda juga dapat melakukan berbagai macam aktivitas, seperti berselancar, berenang, berlayar dengan banana boat atau hanya sekadar menghabiskan waktu berjalan-jalan di pasir.

  1. Kapal Apung Lampulo

Tempat wisata di Banda Aceh yang satu ini memiliki objek dasar kapan nelayan, ini merupakan kapal yang sempat menjadi saksi bisu sejarah tsunami Aceh di tahun 2004 yang berhasil menyelamatkan 59 korban. Kapal yang tersangkut pada bagian atas reruntuhan rumah penduduk, yang letaknya di Desa Lampulo ini sekarang dijadikan monument oleh Pemerintah setempat.

Monumen tersebut oleh pemerintah setempat juga disediakan tangga serta diberikan penyangga, sehingga ini sangat aman untuk Anda kunjungi.

  1. Taman Ratu Safiatuddin

Ini merupakan taman yang letaknya berada di Kuta Alam, untuk Anda yang ingin spot foto terbaik dengan nuansa Kebudayaan khas Aceh, maka tempat ini wajib untuk Anda kunjungi.

Jika Anda disini menyaksikan berbagai macam rumah tradisional Aceh yang mempunyai nilai estetika tinggi, juga ada acara tradisional tertentu yang biasanya diselenggarakan disana. Beberapa acara tradisional yang bisa Anda lihat disini seperti pertunjukan tari, pameran kuliner, dsb.

  1. Pantai Lhok Mee

Ini merupakan Pantai yang memiliki keindahan dengan adanya hamparan pohon bakau yang hijau dan airnya sebening Kristal, ini tentu saja wajib menjadi sebagai salah satu spot wisata di Banda Aceh.

Selain tempat ini dekat denga lokasi wisata yang lainnya, contohnya seperti kawasan benteng dan pantai, tempat ini mempunyai spot yang cukup unik yaitu pohon Geurumbang. Ini merupakan pohon yang letaknya di tengah laut yang memiliki bentuk unik.

Disini Anda juga bisa mencicipi buah Jemblang yang tumbuh ada disekitar Pantai, selain itu aktivitas lainnya yang bisa Anda lakukan yaitu snorkeling bersama teman serta mencoba kuliner pantainya yang lezat.

  1. Masjid Raya Baiturrahman

Ini merupakan Masjid yang mempunyai nilai lebih bagi Masyarakat Aceh, ini merupakan salah satu masjid yang selamat dari Tsunami 2004 dan masih berdiri kokoh di Banda Aceh. Masjid tersebut memiliki keindahan arsitektur yang serupa dengan Masjid Nabawi di Madinah.

Ini merupakan Masjid yang menjadi pusat wisata religi dan menjadi ikon Aceh, Anda dapat melihat keagungannya dan belajar mengenai sejarah perkembangan Islam serta Kebudayaan Islam ada disana.

  1. Air Terjun Kuta Malaka

Ini merupakan salah satu wisata alam yang sangat indah dan terasa sangat asri saat kita mengunjunginya. Ari terjun ini berada di Kecamatan Sukamakmur, ini tentunya recommended untuk Anda dikunjungi. Disini menawarkan keindahan lanskap yang masih alami dan asri.

Saat berada disini kesejukan dan kesegaran air terjun yang dibalut dengan panorama hijau sejauh mata memandang. Untuk menuju ke lokasi ini, maka Anda tidak perlu khawatir, karena aksesnya sangat memadahi.

  1. Bukit Lhok Eumpe

Ini merupakan salah satu wisata alam yang belum banyak tersentuh tangan manusia, alamnya benar-benar hijau dan sangat rindang. Bukit ini tidak jauh dari Banda Aceh, hanya sekitar 10 km jika dari kawasan Banda Aceh.

Hanya dengan menempuh kurang lebih selama 15 menit perjalanan Anda akan bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah. Disini juga terdapat area perbukitannya, sehingga Anda juga bisa melihat panorama khas padang savana yang berwarna hijau kekuningan.

  1. Museum Rumah Cut Nyak Dien

Kita pasti sudah mengenai Nama Cut Nyak Dien, di tempat ini Anda dapat menyaksikan secara langsung senjata yang dulunya digunakan melawan penjajah. Museum yang berupa rumah terletak di Lampisang ini memilii kondisi yang sangat bersih dan berdiri kokoh, ini karena bangunannya senantiasa dijaga supaya dapat dinikmati keindahannya sampai beberapa tahun yang akan datang.

  1. Ujung Kelindu

Ini sebagai salah satu tempat wisata tepi laut yang memiliki pemandangan sangat mempesona di Banda Aceh. Tempat ini menyuguhkan Panorama tebing yang ada pantainya dan biru laut kehijauan yang sangat elok.

Pilihan Tempat Wisata Di Banda Aceh Wajib Dikunjungi Selain 11 Tempat Diatas

Beberapa tempat lain yang bisa Anda kunjungi di Banda Aceh ini masih banyak. Beberapa diantaranya yang belum disebutkan diatas yaitu;

  1. Pantai Lhoknga

  2. Air Terjun Peukan Biluy

  3. Museum Tsunami Aceh

  4. Masjid Baiturrahim Ulee Lheue

  5. Puncak Geurutee

  6. Makam Raja Aceh

  7. Masjid Raya Baiturrahman

  8. Makam Syiah Kuala

  9. Sungai Pucoek Krueng Raba

  10. Makam Sultan Aceh Kandang XII

  11. Museum Sejarah Aceh

Nah dari beberapa tempat tersebut sekiranya bisa menjadi referensi untuk Anda yang ingin berwisata di Banda Acehh. Selain dari 22 tempat tersebut, sebenarnya masih banyak lagi tempat yang bisa Anda kunjungi disana.

Jika kita ingin berkunjung ke sana, maka bisa melihat referensi tempat wisata di Banda Aceh tersebut di studimsam. Pastikan Anda memilih tempat wisata sesuai dengan kebutuhan Anda apakah Anda ingin wisata yang berbasis edukasi, Sejarah atau hanya untuk refreshing. Semuanya ada di Banda Aceh.