Sepeda BMX dan Kelebihannya

Sepeda Bicycle Moto-X alias BMX dikenal pertama kalinya di Amerika Serikat, lebih tepatnya di California. Sepeda yang merupakan versi budget dari motocross ini berawal dari sepeda Schwinn Stingrays yang dimodifikasi. Karena kepopulerannya, sepeda ini pun semakin berkembang yang kemudian diikuti dengan bermunculannya trek-trek BMX.

Sebagai versi budget dari motocross, BMX yang dibuat dari modifikasi Schwinn Stingrays dibekali dengan ban yang lebih kuat dan pegas yang lebih baik. Oleh karena itulah sepeda ini pun dapat digunakan untuk melintasi trek dan medan motocross yang dibuat khusus.

Keunggulan Sepeda BMX

Dalam perkembangannya, BMX semakin populer sehingga dapat meraih identitasnya sebagai salah satu cabang olahraga yang unik bahkan mampu debut di ajang Olimpiade 2008.

Dibanding jenis sepeda lainnya, sepeda BMX memiliki beberapa kelebihan berikut:

  1. Frame kuat

BMX dibekali dengan frame yang mulus dan kuat. Ini karena frame BMX biasanya menggunakan logam yang kuat berupa alumunium maupun baja dengan kualitas tinggi. Tak hanya bahan frame-nya yang berkualitas, struktur frame dan sambungannya yang presisi dan rapi juga turut andil sehingga tercipta sepeda dan kuat dan kokoh.

Karena sifatnya itulah sepeda ini dapat digunakan untuk melakukan berbagai gerakan freestyle tanpa perlu khawatir frame-nya patah.

  1. Bobot ringan

Walau kuat dan kokoh karena bahan yang digunakan serta struktur dan sambungannya, BMX memiliki bobot yang ringan. Pasalnya, sepeda ini memang didesain agar dapat digunakan untuk melakukan gerakan freestyle di udara.

Dengan bobot yang ringan, pengguna BMX pun dapat menggunakan sepeda ini untuk melakukan aksi freestyle seperti berdiri dengan satu roda bahkan memutar sepeda.

  1. Diameter ban kecil

Tidak seperti sepeda lain yang diameter ban atau rodanya cenderung besar, BMX memiliki ban dengan diameter yang kecil, yaitu hanya sekitar 20 inci. Karena ukuran ban yang kecil inilah BMX tampak lebih mungil dan kecil dibanding jenis sepeda sport lainnya.

Meski tampak mungil dengan ban kecilnya, BMX justru memiliki kelincahan dan kedinamisan yang lebih baik dibanding jenis sepeda sport lainnya. Sebagai tambahan, motif ban BMX juga kasar sehingga daya cengkeram ban terhadap permukaan tanah kuat.

  1. Cocok untuk freestyler

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, BMX didesain dengan ban yang kecil dan frame yang kuat agar dapat digunakan untuk melakukan aksi freestyle dengan mudah. Oleh karena itulah sepeda ini adalah teman yang sangat cocok untuk para freestyler.

  1. Ramah bagi semua kalangan usia

Dari segi perawakan atau tampilan, BMX terlihat seperti sepeda gunung dengan rangka yang kuat dan kokoh. Namun, BMX tidak sama dengan sepeda gunung. Perbedaan di antara keduanya dapat dilihat pada ukuran ban BMX yang lebih kecil serta dudukannya yang lebih rendah daripada sepeda gunung.

Karena ukurannya yang tidak terlalu kecil atau terlalu besar inilah BMX dapat digunakan oleh semua kalangan usia, mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang dewasa. Ditambah dengan berbagai fitur dan tipe yang ada, BMX adalah sepeda yang direkomendasikan.

Dengan berbagai kelebihan sepeda BMX di atas, sangat wajar jika Anda tidak ingin meninggalkan sepeda tersebut saat pindah rumah. Oleh karena itulah satu-satunya cara adalah menemukan jasa pindahan yang tepat  dan dapat dipercaya seperti Cargo Jakarta.

Dengan mempercayakan sepeda dan barang-barang Anda kepada Cargo Jakarta, pindahan pun tidak lagi terasa merepotkan.