Sejarah Pulau di Jawa Timur

Jawa Timur menjadi salah satu dari 8 provinsi yang ada di Indonesia. Untuk salah seorang gubernur pertama di Jawa Timur adalah Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo atau yang dikenal dengan sebutan Gubernur Soerjo.

Jawa Timur sendiri berbatasan dengan laut jawa yang ada di bagian utara, Selat Bali yang ada di timur dan Samudera Hindia di bagian selatan bahkan sampai Provinsi Jawa Tengah yang ada di bagian barat. Jawa Timur sendiri sudah dihuni bahkan sejak manusia zaman prasejarah. Hal ini terbukti dengan ditemukannya sisa fosil Pithecanthropus.

Ada banyak struktur pemerintahannya yang hirearkis dari Pemerintah Pusat, Watek atau daerah sampai dengan Desa. Struktur yang ada di Pulau Jawa Timur sendiri juga ditandai dengan adanya strukur baru yang ada di Jawa Timur.

Di masa Kerajaan Majapahit sendiri, ada banyak susunan yang menempatkan banyaknya susunan pemerintahan yang ada di Jawa Timur. Di tahun 1830 sampai dengan 1928 ini Belanda menjalankan sejumlah pemerintahan dengan hubungan langsung pemerintah dari pusat VOC yang ada di Batavia dengan sejumlah Bupati yang ada di wilayah kekuasannya.

Pada akhirnya negara Jatim ini dibubarkan dan bergabung dalam salah satu Republik Indonesia pada tanggal 25 Februari 1950 dan juga pada tanggal 7 Maret 1950. Ada banyak wisata yang bisa ditemui di Jawa Timur untuk menemukan informasi terkait sejarah menarik pulau-pulau di Jawa Timur lainnya.