Perbedaan Sholat Tahajud dan Sholat Hajat

Sholat sunnah meskipun tidak wajib dilakukan tapi tetap saja mempunyai pahala yang baik jika Anda sempat mengerjakannya. Anda bisa melaksanakan beberapa sholat sunnah yang ada. Ada dua sholat sunnah yang bisa Anda lakukan di malam hari yaitu sholat tahajud dan sholat hajar. Apa perbedaan sholat tahajud dan sholat hajar?

Kedua sholat sunnah ini adalah sholat yang dilaksanakan pada malam hari. Pada malam hari inilah yang merupakan waktu terbaik untuk berdoa dan “mengobrol” kepada Allah untuk meminta apapun kepada-Nya. Jika Anda mempunyai suatu doa yang ingin dikabulkan oleh Allah, maka melaksanakan sholat tahajud atau sholat hajat adalah salah satu caranya.

Selain menginginkan agar doa Anda dikabulkan oleh Allah, Anda juga bisa meminta hal lain. Hal-hal tersebut seperti minta dibeikan berkah pada setiap hal yang Anda lakukan, meminta perlindungan dala, setiap aktivitas sehari-hari Anda, bahkan Anda juga bisa meminta ampunan kepada Allah atas dosa-dosa yang Anda lakukan di waktu sebelumnya hingga sekarang. Sebenernya Anda bisa meminta apa saja yang baik kepada Allah saat beribadah.

Meskipun sholat tahajud dan sholat hajart dilakukan pada mala hari, namun ada perbedaan sholat tahajud dan sholat hajat yang harus Anda ketahui. Jangan sampai salah persepsi, apalagi salah niat. Misalnya Anda berniat melakukan sholat tahajud namun ternyata tata cara yang Anda lakukan adalah tata cara untuk melaksanakan sholat hajat.

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dilakukan pada saat sepertiga malam. Jam berapakah sepertiga malam itu? Anda bisa melaksanakan sholat tahajud sekitar jam satu hingga jam tiga dinihari. Sholat tahajud bisa dilakukan cukup dengan dua rakaat saja. Namun jika Anda ingin lebih dari itu, tentu saja diperbolehkan.

Dalam melaksanakan keutamaan sholat tahajud, Anda harus tidur terlebih dahulu. Pada saat Anda terbangun di sepertiga malam, itu adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk melaksanakan sholat sunnah yang satu. Hukum untuk tidur terlebih dahulu sebelum melaksanakan sholat tahajud adalah wajib hukumnya.

Tentunya persyaratan tidur terlebih dahulu sebelum melaksanakn sholat tahajud akan terasa berat bagi semua orang. Bagaimana tidak? Di saat Anda sudah pulsa tertidur, Anda harus bangun pada dini hari untuk melaksanakan sholat. Belum tentu setelah selesai sholat Anda akan bisa tertidur Kembali. Jika Anda kurang tidur maka akan memengaruhi aktivitas Anda selanjutnya.

Namun perlu diketahui bahwa ada sholat sunnah yang bisa Anda lakukan di malam hari tanpa perlu tidur terlebih dahulu. Sholat ini adalah jenis sholat yang dilakukan pada saat setelah adzan isya hingga sebelum adzan subuh. Anda bisa melakukan sholat mala mini tanpa tidur maupun dengan tidur terlebih dahulu. Tentunya sholat ini lebih fleksibel untuk dilaksanakan.

Sholat hajat adalah salah satu sholat sunnah yang bisa Anda lakukan di malam hari tanpa harus tidur terlebih dahulu. Mengapa sholat hajat berbeda dengan sholat tahajud dimana Anda tidak perlu tidur terlebih dahulu untuk pelaksanaanya? Hal ini karena tidak ada dalil yang mengatakan bahwa sholat hajat harus dilakukan dengan tidur terlebih dahulu.

Itulah yang membedakan keutamaan sholat tahajud dan sholat hajat. Meskipun tujuan dari sholat ini adalah sama-sama untuk meminta agar doa kita dikabulkan, namun ada peraturan yang membedakan. Jadi, jika Anda merasa keberatan untuk melaksanakan sholat tahajud namun ingin doa Anda dijabah oleh Allah, maka Anda bisa melaksanakan sholat hajat untuk memohon doa yang sama.