Penyebab Nyeri Dada Tiba Tiba dan Cara Mengobatinya

Ketegangan pada otot dada dapat disebabkan oleh olahraga atau gerakan otot dada yang berlebihan. Ketegangan otot dada (yang cukup menyakitkan) sering salah didiagnosis sebagai serangan jantung. Jika menekan dinding dada menyebabkan ketidaknyamanan, kemungkinan besar itu karena cedera muskuloskeletal yang berawal dengan gejala nyeri dada tiba tiba

Costochondritis Diawali Gejala Nyeri Dada Tiba Tiba

Costochondritis diperkirakan mempengaruhi 13 sampai 36 persen orang yang datang ke unit gawat darurat dengan ketidaknyamanan dada akut. costochondritis adalah penyakit peradangan yang memiliki efek samping nyeri dada tiba tiba yang terjadi di mana tulang rusuk bersentuhan dengan tulang rawan.

Costochondritis dapat disebabkan oleh berbagai hal, termasuk trauma dada dan infeksi virus. Pasien costochondritis sering mengalami sensasi menekan pada dinding dada, sebanding dengan ketegangan otot dada dan daerah yang tertekan terasa lunak. Ketidaknyamanan dari costochondritis biasanya memudar dalam beberapa hari atau minggu.

Cara Mengobati Nyeri Dada Tiba Tiba Karena Costokondritis

Sebenarnya untuk costokondritis ini sering kali sembuh dengan sendirinya namun dalam waktu yang cukup lama yaitu 1 minggu atau dalam waktu 1 bulan. Dalam hal ini untuk menjemput kesembuhan Anda bisa melakukan beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan yaitu;

  • Melakukan istirahat yang cukup.

  • Melakukan latihan untuk meregangkan otot dada.

  • Mengompres hangat atau dingin untuk bagian yang nyeri.

Cara tersebut bisa Anda lakukan tanpa melakukan perawatan, namujn jika sakit tak kunjung reda maka Anda bisa mengkonsultasikan ke dokter.