Penulisan Daftar Pustaka Dari Buku

Sekarang ini sudah banyak sekali sumber-sumber atau artikel yang membahas mengenai suatu tema tertentu yang menarik serta memperoleh informasi yang baru dan terkini. Bahkan sering kali orang yang berpendidikan tinggi sepert mahasiswa sering membuat tulisan artikel yang menarik dengan memberikan tambahan studi pustaka sebagai teori yang digunakan dan juga memperkuat argument dari penelitian dilapangan. Bahkan jasa penulis artikel yang memiliki standar juga menggunakan beberapa sumber lain sebagai penguat dari tulisan tersebut.

Artikel atau tulisan yang memiliki referensi memang memerlukan yang namanya daftar pustaka dengan tujuan untuk memberikan informasi bahwa mengambil kalimat atau kutipan dari sumber lain. Hal itu dimaksudkan untuk tidak menimbulkan plagiasi yang terjadi sehingga memberikan daftar pustaka sebagai rujukan dari sumber yang digunakan dalam tulisan artikel atau semacamnya. Biasanya sumber yang sering digunakan adalah buku yang perlu sekali untuk mencantumkan daftar pustaka dari buku dengan benar.

Daftar pustaka merupakan susunan tulisan pada akhir karya tulis yang berisi nama penulis, judul tulisan dan lain sebagainya yang digunakan sebagai rujukan atau sumber untuk penulisan karya ilmiah. Hal tersebut memang penting dilakukan karena memiliki tujuan yang harus diketahui oleh penulis, yaitu bisa menghindari dari plagiarism dimana ketika anda mengambil kutipan dari buku yang ditulis oleh orang lain anda akan terkena hak cipta. Maka dari itu harus mencatumkan sumber rujukan yang digunakan. Bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan pembaca yang mana tulisan atau karya ilmiah anda memiliki penguat dari sumber lain yang bisa dipercaya.

Sistematika Penulisan Daftar Pustaka

Ketika anda menulis sebuah karya ilmiah, maka penting kiranya untuk selalu memperhatikan penulisan daftar pustaka yang digunakan sebagai rujukan dari penulis. Hal itu memang membutuhkan beberapa hal yang harus diketahui ketika ingin menulis artikel atau karya ilmiah. Maka dari itu sistematika penulisan daftar pustaka dari buku yang sering digunakan adalah sebagai berikut.

  1. Penulisan nama yang terdapat dua kata, ketika anda mengutip kalimat dari penulis sumber yang memiliki nama dua kata maka anda harus menuliskannya di daftar pustaka dengan nama dibalik. Ketika nama penulis di balik maka di tengahnya diberikan tanda koma. Selain itu ketika memiliki dua nama penulis maka anda hanya perlu membalik nama yang pertama dan memberikan kata bantu “dan” untuk tengahnya serta nama penulis kedua tetap. Sedangkan untuk nama penulis yang banyak atau lebih dari dua maka anda cukup menuliskannya nama pertama selanjutnya “dkk”.

  2. Selanjutnya menuliskan tahun terbitnya buku tersebut setelah nama penulis.

  3. Judul buku yang memiliki ciri khas di miringkan hurufnya.

  4. Nama kota atau tempat penerbitan dan diakhiri dengan tanda titik.

Contoh Penulisan Daftar Pustaka

Maka dari itu ketika anda sedang menulis sebuah artikel ilmiah atau semacamnya yang memiliki sumber rujukan dari sumber lain seperti buku. Anda harus mencantumkannya di barisan akhir sendiri pada daftar pustaka di kumpulan penulis buku yang dikutip. Bahkan jasa penulis artikel yang mengambil referensi dari sumber lain juga perlu untuk membuat daftar pustaka dari penulisan artikel yang digunakan. Untuk contoh penulisan daftar pustaka dari buku yang benar seperti Depdikbud. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.  Contoh penulisan daftar pustaka dari buku yang perlu anda ketahui sehingga bisa membuat karya ilmiah yang original dan bebas dari plagiasi.