Peninggalan Kerajaan Mataram dan Asal Usulnya

Kerajaan Mataram adalah salah satu kerajaan yang dibangun oleh Raja Syailendra. Kerajaan Mataram sendiri juga menjadi salah satu kerajaan yang cukup besar di daerah Jawa Tengah dan juga Jawa Timur. Asal usul dari kerajaan ini sendiri memang sengaja dibangun sebagai salah satu pengganti dan penerus Kalingga yang pernah popular di abad ke 8 sampai dengan 10 Masehi.

Mengenal Peninggalan-Peninggalan Kerajaan Mataram

Pada awalnya, lokasi dari Kerajaan Mataram ini ada di Yogyakarta. Namun kemudian pindah ke Magelang dan juga Tamwlang. Tamwlang sendiri adalah salah satu daerah yang ada di Provinsi Jawa Timur. Untuk pendiri dari Kerajaan Mataram ini sendiri adalah Raja Sanjaya. Adapun untuk beberapa peninggalan dari Kerajaan Mataram ini diantaranya adalah:

  • Prasasti Kelurak

Prasasti ini adalah prasasti yang dibuat di tahun 7782 Masehi, sedangkan penemuannya ada di Candi Lumbung, Jawa Tengah.

  • Prasasti Mantyasih

Peninggalan Kerajaan Mataram lainnya adalah Prasasti Mantyasih. Prasasti ini ditemukan di daerah Magelang Utara.

  • Candi Borobudur

Candi Borobudur menjadi icon paling populer dari peninggalan Kerajaan Mataram di Indonesia. Bahkan Candi Borobudur juga merupakan salah satu objek wisata yang masih ramai dikunjungi oleh wisatawan baik local sampai dengan wisatawan mancanegara.

Itulah beberapa peninggalan penting dari Kerajaan Mataram yang bisa Anda ketahui. Pastikan untuk terus menjaga beberapa peninggalan bersejarah yang masih ada sampai saat ini dengan tidak merusaknya.