Pengertian Web Hosting dan Cara Memilih Web Hosting Yang Tepat

Apakah kamu pernah mendengar istilah web hosting? Jika belum pernah, sudah pasti istilah ini terkesan sangat awam di telinga. Lain halnya dengan mereka yang sudah sering berkutat dengan dunia web.

Pasti istilah web hosting tidak akan asing lagi di pendengaran. Sebagai orang awam yang belum mengetahui apa itu web hosting, dalam artikel berikut ini akan kami jabarkan secara lengkap. Penasaran akan maknanya, bukan?

Pengertian Web Hosting

Agar tidak semakin bertanya-tanya dengan apa yang dimaksud oleh web hosting, sebaiknya kamu membaca artikel ini lebih lanjut. Kalau mau diartikan secara bahasa, jelas saja web hosting terdiri atas 2 kata, yakni web dan juga hosting.

Namun, apa pengertian secara istilahnya? Kalau dilihat secara istilah, kata hosting sebenarnya memiliki arti tempat yang sangat berguna untuk menyimpan segala macam kebutuhan sebuah website supaya bisa online dalam dunia maya dan internet.

Nah! Supaya tergabung dalam sebuah internet atau dunia maya, tak heran jika web kita membutuhkan yang namanya hosting. Untuk bisa mendapatkan hosting, sebagian besar pengguna web hanya bisa menyewanya dari provider hosting.

Hanya saja, sebagai orang yang masih awam akan hal ini juga harus tahu dong kalau tempat penyewaan kita itu berkualitas dan terpercaya. Agar tidak tertipu, beberapa cara memilih hosting yang terpercaya dan berkualitas akan kami sebutkan di bawah ini.

Cara Memilih Hosting yang Berkualitas

Berdasar kabar berita, harga penyewaan hosting tidak sedikit. Oleh karenanya, membutuhkan biaya lebih untuk bisa menyewanya. Karena harga sewanya tidak sedikit, kamu harus bisa memilih hosting yang berkualitas agar uang yang dikeluarkan tidak sia-sia. Berikut caranya.

1. Memilih Ruang Simpan Sesuai Kebutuhan

Cara memilih hosting yang tepat di langkah awal adalah dengan memilih disk space sesuai kebutuhan. Bukan hanya itu saja, media simpannya juga harus bisa kamu pilih tanpa salah.

Seperti yang sudah kita ketahui, penggunaan harddisk di zaman yang serba canggih ini jauh kalah jika dibandingkan dengan penggunaan SSD. Mengapa? Sebab SSD memang memiliki kecepatan yang lebih unggul.

2. Bandwidth

Bukan hanya sekadar memperhatikan penggunaan media simpannya saja, kamu juga harus perhatikan penggunaan bandwidth nya. Penggunaan bandwidth sangat baik sebab mempengaruhi kecepatan layanan yang berjalan.

Perlu diketahui, manakala bandwidth yang digunakan untuk sebuah web besar, maka website mampu menampilkan informasi yang lebih cepat. Jelasnya dalam memilih sewaan hosting kamu perlu memastikan provider sediakan bandwith besar.

3. Penggunaan RAM

Selain memperhatikan 2 hal di atas, kamu juga perlu perhatikan penggunaan RAM atau Random Acces Memory dalam perangkat yang digunakan. Ternyata, RAM juga menjadi salah satu bagian yang berperan penting, lho! Mengapa?

Semakin besar RAM maka akan semakin cepat pula perangkat mengakses webnya. Dengan begitu, informasi yang ada di dalamnya pun akan semakin cepat mengakses loadnya.

4. Entry Process

Hal lain yang bisa kamu lihat dalam proses ini adalah dengan memperhatikan EPnya. EP atau yang biasa disebut dengan nama Entry Process merupakan sebuah tolok ukur untuk menghitung seberapa banyak script dalam sebuah web dalam satu waktu.

5. Input Output

Bukan hanya hal-hal di atas saja, ternyata mengenai input dan output juga sangat penting pengaruhnya. Mengapa input dan output sangat berpengaruh? Jelas saja akan melihat seberapa cepat kamu upload atau download layanan hostingnya.

Untuk itu kami sarankan jenis hosting terbaik saat ini yang dapat digunakan adalah Cloud Hosting Indonesia. Karena dengan dengan menyewa jenis hosting cloud dari server Indonesia website kamu miliki menjadi lebih cepat ketika di akses dan memiliki performa terbaik.