Rekomendasi Pendakian Gunung Wilis, Pendaki Wajib Tahu

Pendakian Gunung Wilis salah satunya dapat ditempuh dengan melewati via Bareng. Para pendaki bisa menuju ke Desa Bareng Kecamatan Sawahan. Setibanya di Bareng, pendaki harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu sekaligus bisa dijadikan tempat titipan kendaraan, lalu bisa lanjut ke pos 1.

Agar lebih mudah capai pos 1 yaitu pos Telon sudah ada jasa ojek dengan harga yang terjangkau. Jarak yang akan ditempuh sekira 1,5 KM, jadi cukup menghemat tenaga. Berjarak tak terlalu jauh, pendaki bakal sampai di pos 2 yaitu pos Banyu Umbul. Di pos inilah terdapat sumber air berupa sungai kecil dan ada pula kamar kecil.

Setelah melewati hutan pinus, maka tibalah pendaki di pos 3 yaitu Pos Tapan Sewelas. Di area pos ini menawarkan pemandangan yang indah dan view punggung bukit . Aneka satwa termasuk kera ekor panjang pun bisa terlihat di jalur pendakian ini. Ada pula batu-batu besar yang bakal dijumpai di oleh para pendaki.

Jalur menuju ke pos 4 dan 5 terbilang landai, hanya ada beberapa titik yang menanjak. Pemandangan di area ini begitu bagus. Jajaran pegunungan Wilis pun sudah terlihat, bahkan ada pula lahan datar yang cocok untuk membuat tenda di pos 4, Cigun ini.

Tidak jauh dari pos 4, sudah ada pos 5 yaitu Pos Sudung. Ada shelter tidak permanen berupa gubuk yang dapat digunakan untuk berteduh. Hanya berjarak sekira 30 menit dari pos 5, maka tibalah di puncak Jontani, yaitu puncak di gunung Wilis.