Yuk Cari Tahu Manfaat Dan Harga Panel Surya 900 Watt

Penggunaan panel surya dalam konstruksi rumah di Indonesia tidak terlalu tinggi. Padahal Indonesia berada di garis khatulistiwa yang memiliki pasokan sinar matahari sangat melimpah. Oleh karena itu, sebaiknya masyarakat Indonesia mulai beralih untuk menggunakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Berikut informasi terkait cara kerja, manfaat dan harga panel surya 900 watt.

Pengertian Panel Surya

Panel surya diartikan sebagai suatu komponen yang mampu mengubah energi matahari menjadi energi listrik dengan memanfaatkan suatu efek yang bernama fotovoltaik. Energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan listrik dalam kehidupan sehari-hari dengan memanfaatkan daya tampung energi menggunakan baterai

Cara Kerja Panel Surya

Fungsi panel surya atau sistem panel tenaga surya bekerja dengan bantuan baterai, sehingga daya tetap dapat dilakukan pada sore, malam hari, atau bahkan saat hujan. Kabel terhubung ke switchboard di rumah. Panel listrik di rumah memiliki panel surya built in, jadi anda hanya perlu menyalakan TV atau AC dan daya secara otomatis diambil dari panel surya.

Jika pasokan dari panel surya tidak mencukupi maka langsung akan beralih menggunakan listrik PLN. Jika pasokan panel surya melebihi konsumsi daya, tagihan listrik dapat dijual kembali ke PLN. Caranya ganti counter menjadi counter import atau export. Fungsinya hanya untuk mencatat jumlah listrik yang dibeli, jumlah listrik yang dijual, dan selisih yang dibayarkan.

Manfaat Panel Surya

Kenaikan listrik PLN untuk rumah tangga tradisional atau tidak bersubsidi mencapai 9,7% per tahun. Penyebabnya dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk kenaikan harga bahan bakar. Peningkatan ini berdampak langsung dan tidak langsung terhadap tingkat ekonomi dan kepentingan umum. Kenaikan tersebut tidak terjadi setiap tahun. Namun ketika naik, peningkatannya bisa mencapai 20 sampai 30%.

Penggunaan tenaga surya sangat cocok karena tidak menggunakan bahan bakar konvensional. Energi utamanya adalah matahari yang tersedia secara gratis. Terapkan ini ke kantor, cabang, dan rumah tangga yang berbeda untuk menghemat uang dan dapat menginvestasikan uang dalam bentuk lain. Dengan menggunakan panel surya, Anda dapat mengurangi tagihan listrik rata-rata hingga 50%.

Harga Panel Surya

Harga dasar modul surya 1kW peak (kWp) sekitar Rp 14 juta. Total biaya tergantung pada ukuran modul surya yang Anda pasang. Misalnya, jika rumah atau bisnis Anda memasang panel surya 10 kWp, kalikan dengan harga dasar per kWp untuk mendapatkan Rp140 juta. Untuk rumah, pemasangan panel surya kurang dari sekitar 1 atau 2 kWp dari angka ini, dan harga yang dihitung adalah sekitar 14 jutaan.

Terdapat 4 Jenis panel surya yang tersebar di Indonesia. Dan yang paling sesuai untuk dipasang di Indonesia adalah jenis monocrystalline dan polycristalline. Untuk harganya sendiri bisa sangat bervariasi tergantung dengan jenis bahan, merek, dan kebutuhan rumah. Untuk ukuran yang paling kecil bisa anda temukan dengan kapasitas 500 watt dengan kisaran harga mulai belasan hingga puluhan ribu

Tipe tersebut sangat pas jika digunakan untuk rumah yang tidak terlalu besar. Berikutnya yaitu harga panel surya 900 watt membutuhkan budget setidaknya sampai dengan puluhan juta. Namun biaya tersebut hanya perlu anda keluarkan di awal pemasangan saja.  Semakin tinggi kebutuhan maka semakin tinggi harga yang perlu anda bayarkan. Seperti halnya ketika memilih daya dengan 1300 watt dengan biaya 50 jutaan

Terdapat berbagai hal yang perlu anda perhatikan sebelum memasang panel surya. Tidak hanya dari segi harga PJU solar cell, tetapi juga lokasi pemasangan panel. Pastikan lokasi rumah anda memiliki pasokan sinar matahari yang cukup banyak. Jika tidak, maka pemasangan panel ini akan sia sia. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya awal yang cukup besar dan untuk selanjutnya bisa lebih hemat