7 Rekomendasi Motif Batik Tradisional Terpopuler

Sejak tahun 2009, Batik ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya asli yang berasal dari Indonesia. Sejak saat itu kemunculan batik ini tak hanya dijumpai pada pakaian saja, namun juga banyak diaplikasikan untuk dekorasi rumah.

Tentunya batik ini juga memiliki beragam motif yang juga cocok untuk dibuat untuk baju batik Wanita Modern. Lalu seperti apa sih motif batik tradisional itu? Berikut kami berikan ulasan lengkapnya.

1. Motif batik Solo

Yang pertama yaitu motif batik Solo. Motif batik ini juga merupakan salah satu ikon batik yang ada di Indonesia. Keindahan batik ini juga sudah terkenal hingga mancanegara.

Salah satunya yaitu motif batik Parang yang termasuk dalam motif batik tertua.

Asal kata Parang itu adalah dari Pereng yang berarti lereng. Perengan pada motif batik ini digambarkan pada sebuah garis menurun dari tinggi ke rendah dengan diagonal.

Motif ini menunjukkan bahwa manusia selalu memperjuangkan kesejahterannya dalam hidupnya. Dan ada salah satu motif batiknya yang populer yang dinamakan dengan motif Sogan. Warna dari motif Sogan ini yaitu merah kecoklatan.

Bentuk motifnya bergelombang layaknya seperti Bengawan Solo. Diharapkan dengan kehadiran motif ini maka bisa untuk membawa ketenangan.

2. Motif batik kawung

Motif kawung ini merupakan salah satu motif batik tertua yang ada di nusantara. Pola yang dimiliki dari motif ini yaitu bulat-bulat seperti buah kawung atau kolang aling. Pola ini juga tertata rapi secara geometris.

Motif kawung ini bentuknya merepresentasikan empat kelopak bunga teratai yang merekah. Makna dari motif ini yaitu umur yang panjang dan kesucian.

Dulunya motif batik ini eksklusif, pemakaianya hanya dari orang-orang kerajaan sebagai sarung raja serta permaisuri.

Namun saat ini motif batik ini penggunanya sudah makin meluas bahkan hingga mancanegara.

3. Motif batik Bali

Saat kita melihat motif batik Bali ini maka terlihat khas dengan kearifan lokal yang ada di Bali. Motif ini  juga ada yang memasukkan unsur Singa Barong serta Penari bali dalam pola kainnya.

Selain itu ada juga motif Ulamsari Mas yang bercerita tentang kekayaan alam yang terdapat di Pulau Dewata.

Para pengrajin batik yang ada di Bali ini melalui batik menyampaikan pesan pada semua orang bahwa Bali adalah salah satu pulau yang kaya.

4. Motif batik megamendung

Selanjutnya pada motif populer lainnya yaitu motif batik megamendung yang merupakan campuran dari budaya Tiongok dengan budaya yang ada di Jawa Barat.

Ciri khas dari batik Cirebon ini yaitu bentuk awan besar yang terlihat cerah dan mencolok. Adapun warna yang sering kita jumpai dari megamendung ini yaitu jingga, merah, biru, hijau tua serta ungu.

Motif ini juga melambangkan dari masyarakat Cirebon yang lugas dan terbuka.

5. Motif batik Pekalongan

Motif batik Pekalongan ini juga sudah cukup Populer. Dominasi dari motif batik ini yaitu tumbuhan serta fauna. Motif batik pekalongan ini juga banyak mendapat pengaruh dari budaya yang berasal dari luar Pekalongan.

6. Motif batik Lasem

Asal dari motif batik ini adalah daerah yang berada diantara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Motif ini juga banyak mendapat pengaruh dari budaya Cina yang bisa dilihat dari ciri khasnya yaitu warna merah menyala serta corak khas Cina yaitu hewan naga.

7. Batik sekar jagad

Motif batik sekar jagad ini terlihat unik sehingga tak salah lagi banyak orang terpesona untuk melihatnya. Motif batik yang menyerupai pulau ini melambangkan mengenai keragaman nusantara dan dunia.