Mengulik Penyebab Bayi Kuning Saat Baru Lahir 

Pada saat melahirkan, terdapat sebagian orang tua yang kerap mengkhawatirkan akan kondisi bayinya. Kondisi yang dikhawatirkan tersebut adalah bayi kuning. Sebanyak 60%, ibu yang baru melahirkan mengalami kondisi seperti ini. Namun, apa sebenarnya yang menyebabkan bayi memiliki kondisi seperti itu? Yuk simak informasi mengenai penyebab bayi kuning disini!

Beberapa Penyebab Bayi Menjadi Kuning Saat Lahir

  1. Fisiologis

Penyebab pertama yang menjadikan bayi kuning pada saat lahir adalah fisiologis. Hal ini dapat terjadi karena hati bayi yang baru lahir belum cukup matang untuk memecah bilirubin. Kondisi seperti ini yang disebabkan oleh fisiologi dapat mereda tanpa tanpa efek jika organ bayi sudah cukup matang. Umumnya, hal tersebut akan terjadi sekitar 1 hingga 2 minggu pasca lahiran.

  1. Lahir Prematur

Bayi yang lahir prematur atau kurang bulan umumnya akan memiliki kondisi kurang siap untuk mengeluarkan bilirubin. Selain itu, bayi prematur juga cenderung memiliki tingkat bilirubin yang rendah dibandingkan dengan bayi yang dilahirkan sesuai dengan usia bulannya. Hal tersebutlah yang menjadikan kondisi kuning sering terjadi pada bayi yang lahirnya prematur.

  1. Asi Yang Tidak Terpenuhi

Beberapa hari setelah bayi dilahirkan, menyusui merupakan proses yang sangat penting dan dibutuhkan oleh bayi. Namun, pada beberapa kasus, terdapat pula bayi yang mengalami kesulitan untuk menyusu. Hal tersebutlah yang dapat menjadikan kondisi bayi memiliki penyakit kuning.

Itulah deretan informasi mengenai penyebab bayi memiliki penyakit kuning saat baru dilahirkan. Dengan adanya informasi tersebut, semoga dapat menambah wawasan anda mengenai bayi yang baru lahir. Sehingga, saat dihadapi dengan kondisi seperti itu anda bisa langsung paham dan dapat mencari solusinya.