Mengenali 5 Manfaat Madu Untuk Bayi di Atas 1 Tahun

Madu, telah sejak dulu diyakini berkhasiat baik untuk tubuh. Tak terkecuali bagi si kecil, manfaat madu untuk bayi usia 1 tahun ke atas bahkan luar biasa. Kandungannya yang kaya nutrisi membuatnya penuh akan manfaat.

Pemberian madu pada bayi memang baru diperbolehkan setelah usianya lebih 1 tahun. Hal ini demi mencegah terjadinya risiko buruk yang bisa disebabkan oleh madu. Juga agar manfaat madu pada tubuh anak lebih bisa maksimal didapatkan.

Lantas, apa saja manfaat madu untuk bayi usia di atas 1 tahun? Perhatikan berikut ini:

  1. Meningkatkan Energi

Manfaat madu yang pertama adalah meningkatkan energi. Mendukung bayi terus semangat aktif sepanjang hari. Ini didapat berkat gula alami fruktosa dan glukosa dalam madu yang merupakan sumber energi tubuh.

  1. Meredakan Batuk dan Pilek

Madu telah terbukti ampuh meredakan batuk, baik kering atau berdahak. Tidak hanya itu, pilek juga mampu diatasi dengan baik. Begitu juga dengan peradangan pada saluran nafas bayi serta melegakan tenggorokan.

  1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh Bayi

Kandungan antioksidan madu berguna meningkatkan imun bayi. Fungsinya yaitu dengan menangkal radikal bebas sehingga bayi tidak mudah sakit.

  1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Madu mengandung probiotik alami. Kandungan tersebut mampu meningkatkan jumlah bakteri baik di saluran cerna. Menjadikan pencernaan bayi lebih sehat dan terhindar dari gangguan seperti konstipasi.

  1. Menyembuhkan Luka Lebih Cepat

Selain enak, madu ternyata bisa juga dijadikan obat luka pada bayi. Mengoleskan madu pada luka dapat membantu penyembuhan lebih cepat. Risiko infeksi juga bisa dicegah dengan pemakaiannya yang tepat.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan bayi dari madu. Meskipun menyehatkan, sebaiknya jangan buru-buru berikan madu pada bayi. Tunggu hingga si kecil berusia 1 tahun agar madu aman ia konsumsi.