Mengenal Rumah Adat DKI Jakarta

Rumah adat DKI Jakarta ternyata bukan hanya ada satu jenis saja. Daerah Khusus Ibukota Jakarta ini memiliki empat jenis rumah adat yang terkenal. Selain terkenal, masing-masing rumah adat tersebut memiliki keunikan tersendiri.

Apa saja keunikan dari rumah adat asal DKI Jakarta? Apa saja nama rumah adat tersebut? Yuk, mengenal lebih jauh tentang nama, jenis, dan keunikan rumah adat dari ibukota Indonesia!

4 Jenis Rumah Adat DKI Jakarta

Terdapat 4 jenis rumah adat Betawi asal DKI Jakarta. Keempat jenis rumah adat tersebut bernama rumah gudang, rumah joglo, rumah bapang atau kebaya, dan rumah panggung.

Rumah gudang memiliki bentuk segi empat yang memanjang. Uniknya atap rumah adat ini berbentuk seperti pelana atau perisai. Rumah ini memiliki struktur kuda-kuda yang sangat rumit atau kompleks.

Rumah joglo merupakan rumah adat Betawi dengan gaya arsitektur mirip dengan kebudayaan Jawa. Bangunan ini mempunyai pintu masuk di bagian samping rumah. Keseluruhan rumah bentuknya menyerupai bujur sangkar.

Rumah bapang atau kebaya juga memiliki ciri khasnya tersendiri. Ciri khasnya terletak pada bentuk atap yang mirip dengan pelana dilipat. Jika dilihat dari samping, bentuk atapnya juga mirip seperti lipatan kebaya.

Rumah panggung merupakan rumah tradisional daerah Jakarta yang memiliki kolong. Tujuannya agar rumah tersebut tidak mudah terkena banjir di daerah pesisir.

Rumah adat DKI Jakarta memiliki keunikan masing-masing. Tentu saja warisan budaya ini harus dijaga dan tetap dilestarikan.