Masjid Ramlie Musofa

Taj Mahal di India merupakan salah satu bangunan yang sangat terkenal di dunia. Namun, tidak harus jauh-jauh ke India untuk melihat Taj Mahal karena di Indonesia ada sebuah masjid yang mirip dengan Taj Mahal, bahkan sampai disebut “Taj Mahalnya Indonesia”. Masjid tersebut adalah Masjid Ramlie Musofa.

Pendiri masjid ini adalah Haji Ramlie Rasidin, seorang mualaf keturunan Aceh dan Tionghoa yang bermimpi mendirikan masjid dengan pencampuran ornamen serta budaya yang megah.

Mimpi ini terwujud dengan didirikannya Masjid Ramlie Musofa pada tahun 2011. Masjid megah yang desainnya mirip Taj Mahal ini dibangun dalam kurun waktu 5 tahun dan diresmikan pada 2016.

Lamanya waktu pengerjaan masjid ini karena ada material yang diimpor langsung dari negara asalnya seperti Italia dan Turki. Selain itu, material tersebut juga tidak didatangkan dalam satu waktu. Belum lagi detail ukiran serta ornamen yang butuh waktu lama dalam pengerjaannya.

Masjid yang sengaja didesain mirip dengan Taj Mahal ini memadukan budaya Arab, Melayu, dan Tionghoa. Harapannya adalah agar masjid tersebut dapat bertahan selama ratusan tahun, begitu pula dengan orang-orang yang beribadah di masjid tersebut.

Untuk melihat masjid megah yang satu ini, Anda dapat mengunjunginya di Jakarta Utara, lebih tepatnya di Jalan Danau Sunter Selatan 1 Blok 1/10 Nomor 12C - 14A.