Manfaat Rumput Paragis Untuk Kesehatan Tubuh

Mungkin sebagian dari Anda belum mengetahui apa itu rumput paragis. Padahal rumput ini tanpa Anda sadari biasa Anda temukan di berbagai tempat. Hal ini dikarenakan, tanaman ini merupakan salah satu jenis rumput liar di Indonesia. Rumput jenis ini merupakan spesies rumput dari keluarga Poace yang dapat tumbuh subur di area tanah yang dipadatkan di bawah sinar matahari langsung.

Rumput paragis ini seringkali dkaitkan dengan keberadaan gulma. Maka dari itu, tanaman ini dibuang oleh sebagian masyarakat. Padahal, rumput liar ini memiliki berbagai manfaat yang tentunya baik untuk kesehatan. Salah satunya yaitu memiliki aktivitas antikanker dan antioksidan yang membantu mencegah pertanaman sel kanker dalam tubuh.

Selain itu, rumput liar ini juga efektif dalam menghilangkan mioma dan kista ovarium. Cara penggunaannya yaitu olah terlebih dahulu rumput paragis menjadi bentuk teh. Kemudian, konsumsi the herbal tersebut secara teratur tiap pagi hari atau sebelum tidur di malam hari. Tidak hanya itu saja, tanaman ini juga memiliki diuretic alami yang dapat meningkatkan jumlah air dalam tubuh.

Kandungan tersebut dapat menghilangkan racun dan bakteri lainnya melalui urin. Sehingga dapat membantu menjaga kesehatan ginjal. Tidak hanya itu saja, rumput paragis ini juga mampu menyembuhkan luka dan radang sendi. Caranya, cukup campurkan tanaman ini dan kelapa parut sampai menjadi panas, kemudian balur pada daerah yang sakit.