Manfaat Buah Kepel

Sebagian dari Anda mungkin merasa asing dengan buah kepel.Padahal, buah ini merupakan salah satu jenis buah yang tumbuh di Indonesia yang memiliki banyak manfaat. Bahkan pada jaman dahulu buah ini kerap dikonsumsi oleh para putri raja keraton karena khasiatnya yang dapat mencegah penuaan dini. Tidak hanya itu saja buah kepel matang juga dipercaya dapat membuat keringat menjadi wangi.

Jika dilihat secara seksaa, buah kepel memiliki kemiripan seperti sawo jika dilihat dari segi ukuran dan warna. Salah satu manfaat buah kepel yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol. Manfaat ini bisa didapatkan karena bagian daging dan biji dari buah kepel ini mengandung polifenol.Selain polifenol, buah ini juga mengansung saponin, dan flavonoid di dalam daging dan bijinya.

Nah, ketiga kandungan inilah yang berperan dalam menurunkan kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam tubuh. Ketiga kandungan tersebut juga menjadikan buah kepel menjadi sumber antioksidan dalam tubuh. Antioksidan ini berperan dalam menangkal radikal bebas yang menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit. Sehingga tubuh Anda akan terhindar dari berbagai penyakit.

Selain itu, antioksidan yang ada di dalam buah keoel ini juga dipercaya dapat membuat awet muda. Sebab, buah kepel ini dapat mempercepat regenasi kulit. Sehingga dapat mengatasi gangguan kulit seperti kulit berjerawat, mengatasi penuaan dini, dan juga meningkatkan kebugaran tubuh bila dikonsumsi secara rutin.