20 Manfaat Belajar Bahasa Inggris Di Era Globalisasi

Bahasa Inggris menjadi bahasa yang mengglobal karena merupakan salah satu bahasa internasional. Keberadaan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional kerap mengharuskan banyak orang untuk belajar bahasa Inggris dengan baik. Mulai dari belajar pribadi di rumah bahkan sampai ada yang mengikuti kursus atau les bahasa Inggris.

Salah satu tempat yang dapat dijadikan sebagai sarana belajar bahasa Inggris adalah Kampung Inggris Pare. Di tempat ini anda dapat mempelajari bahasa Inggris mulai dari nol hingga mahir. Terdapat beberapa pilihan paket belajar yang dapat anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan belajar anda.

Tuntutan Belajar Bahasa Inggris

Setiap dari kita tentu pernah belajar bahasa Inggris saat berada di bangku sekolah. Namun tidak banyak dari anda yang meneruskan belajar hingga cakap berbicara dalam bahasa Inggris. Padahal ada banyak manfaat yang akan didapatkan ketika belajar bahasa Inggris.

Banyak orang dituntut untuk dapat berbahasa Inggris meskipun hanya sedikit, pasalnya bahasa Inggris menjadi salah satu elemen untuk dapat bersosialisasi dengan orang – orang di lingkungan sekitar.

Berbagai Manfaat Belajar Bahasa Inggris

  1. Mempermudah Berkomunikasi dengan Orang Lain

Manfaat mempelajari bahasa Inggris bagi kehidupan adalah semakin cakap untuk berkomunikasi. Manusia sebagai makhluk sosial yang diharuskan untuk besosialisasi dan berkomunikasi harus mampu melakukannya dengan baik.

Di era globalisasi ini pun bahasa Inggris semakin mempermudah kegiatan bersosialisasi dan berkomunikasi seseorang di satu negara dengan negara lainnya. Maka tak heran jika bahasa Inggris memberi manfaat yang begitu besar bagi kehidupan.

  1. Menambah Rasa Percaya Diri

Cakap berbahasa Inggris memberikan efek baik bagi kehidupan sehari – hari, terlebih di era globalisasi saat ini. Dengan menggunakan bahasa Inggris kita dapat berkomunikasi dengan beberapa orang di luar negeri, hal tersebutlah yang menjadikan tingkat kepercayaan diri seseorang semakin bertambah.

Seringkali  manusia merasa tidak percaya diri akan apa yang ada dalam dirinya. Bahkan tidak jarang sisi ketidakpercayaan yang lebih besar membuat mereka enggan untuk melakukan banyak kegiatan. Salah satu hal untuk mengatasinya adalah dengan berlatih berbahasa Inggris.

  1. Merasa Nyaman saat Berlibur

Beberapa dari kita tentu senang berlibur, terlebih jika melakukan liburan di luar negeri bersama dengan orang – orang terkasih. Saat berada di luar negeri tentulah akan bertemu dengan banyak orang asing dari berbagai belahan dunia.

Bahasa Inggris memberi manfaat yang cukup besar bagi kehidupan anda yakni rasa aman dan nyaman saat sedang berlibur. Bagi anda yang mahir berbahasa Inggris tentu tidak akan merasa kesulitan dalam berkomunikasi. Misalnya saja saat sedang memesan makanan dan harus menggunakan bahasa Inggris untuk memesannya.

  1. Membuat anda Semakin Terlihat Keren

Bahasa Inggris kerap digunakan oleh berbagai kalangan. Anyways, on the way, by the way, what’s up man merupakan beberapa kata yang sering dilontarkan dari mulut orang Indonesia. Melalui kata – kata yang diucapkan tersebut menjadikan seseorang menjadi terlihat begitu keren dibandingkan dengan yang lain.

Hal tersebutlah yang menjadi alasan mengapa belajar bahasa Inggris sangatlah penting, terlebih di era globalisasi saat ini. Maka dari itu anda dapat mulai belajar bahasa Inggris sejak dini.

  1. Menambah Pengetahuan

Pengetahuan merupakan informasi yang disadari seseorang. Melalui pengetahuan akan membuat seseorang menjadi semakin pandai. Setiap manusia tentu ingin mendapatkan banyak pengetahuan melalui berbagai media baik secara tertulis maupun lisan.

Berbagai media pun memberikan informasi dalam berbagai bahasa yang berbeda – beda, salah satunya adalah bahasa Inggris. Dengan kemampuan anda yang mampu berbahasa Inggris maka segala pengetahuan pun dapat diterima dengan baik.

  1. Melanjutkan Pendidikan yang Lebih Tinggi

Bahasa Inggris yang menjadi bahasa internasional digunakan pada beberapa perguruan tinggi di luar negeri. Salah satu manfaat belajar bahasa Inggris adalah dapat digunakan untuk mengejar cita – cita di negeri orang.

Pembelajaran di luar negeri seperti S1 dan S3 pada perguruan tinggi menggunakan bahasa Inggris dalam proses pembelajaran. Maka dari itu bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri alangkah baiknya jika segera mempelajari bahasa Inggris dengan baik dan benar.

  1. Semakin Update

Manfaat belajar bahasa Inggris yang lain adalah membuat anda semakin update akan perkembangan – perkembangan informasi yang sedang terjadi di dunia. Dengan mengetahui setiap perkembangan yang ada di dunia ini membuat anda memiliki wawasan yang luas dan terbuka akan apa saja.

Hal tersebut juga sangat bermanfaat ketika anda sedang berkumpul bersama dengan orang lain dalam suatu forum. Anda dapat mengikuti serta menyampaikan setiap obrolan yang membahas informasi terkini yang sedang hangat diperbincangkan.

  1. Belajar Menjadi Translator

Kemampuan bahasa Inggris yang lancar memberi manfaat bagi anda yang sedang bingung mencari pekerjaan, pasalnya dengan bahasa Inggris anda dapat bekerja menjadi seorang translator baik di dalam negeri untuk bidang pariwisata maupun di luar negeri. Terlebih pekerjaan translator saat ini sedang banyak dicari.

  1. Kesempatan Kerja Semakin Besar

Beberapa perusahaan besar menjadikan bahasa Inggris sebagai salah satu syarat untuk diterima sebagai karyawan, terlebih bagi perusahaan yang telah melakukan kerjasama dengan pihak luar negeri.

Ketika anda mampu berbahasa Inggris dengan baik, tentu perusahaan akan merekrut anda menjadi karyawan di dalamnya dan menjadi sebuah nilai tambah dalam diri anda.

  1. Mampu Beradaptasi dengan Lingkungan Baru

Manfaat belajar bahasa Inggris adalah membuat anda semakin cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Sebagai makhluk sosial, manusia harus dapat beradaptasi dengan lingkungan baru yang ada di sekitarnya.

Seseorang dengan kepandaian berbahasa Inggris tentu akan lebih cepat beradaptasi di era globalisasi ini. Terlebih ketika bepergian di suatu tempat dengan lingkungan baru seperti luar negeri yang mengharuskan anda untuk berbahasa Inggris.

  1. Meningkatkan Kemampuan Dalam Diri

Manfaat berikutnya dari belajar bahasa Inggris adalah semakin meningkatkan kemampuan diri anda. Hal tersebut sangat terlihat jelas bagi mereka yang pandai dalam berbahasa Inggris, tentu akan lebih disegani oleh orang di sekitarnya.

Banyak orang yang segan kepada anda karena tidak sedikit dari mereka mengakui bahwa mempelajari serta menguasai bahasa Inggris bukanlah suatu hal yang mudah. Di dalam lingkup pekerjaan tentu mereka yang pandai berbahasa Inggris selalu memiliki peran dalam menjalin hubungan kerjasama dengan mitra luar negeri.

  1. Mempermudah Diri Sendiri Saat Bergaul

Menguasai bahasa Inggris akan mempermudah seseorang dalam bergaul dengan berbagai orang dari belahan dunia. Dengan bahasa Inggris membuat anda semakin mengerti kultur dari suatu bangsa.

Hal tersebut membuat setiap orang yang pandai berbahasa Inggris menjadi lebih berhati – hati dalam berucap karena akan membawa dampak buruk ketika tidak digunakan dengan baik dan benar.

  1. Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat belajar bahasa Inggris lainnya adalah dapat meningkatkan daya konsentrasi seseorang. Hal tersebut didasari dari mereka yang lancar berbahasa Inggris tentu akan membuat mereka lebih fokus saat mendengarkan setiap ejaan – ejaan bahasa Inggris yang diucapkan oleh orang lain.

Semakin kuat kuat konsentrasi seseorang dalam mendengar ejaan bahasa Inggris maka secara otomatis kualitas konsentrasi akan terus meningkat dan berkembang seiring dengan berjalannya hari.

  1. Mempermudah Diri Sendiri untuk Mempelajari Bahasa – Bahasa Lain

Bahasa Inggris dapat mempermudah seseorang untuk belajar bahasa – bahasa lain. Pasalnya, setiap bahasa yang akan dipelajari pada umumnya menggunakan bahasa Inggris sebagai arti dari sebuah kata atau kalimat.

  1. Mengetahui Teknologi

Manfaat belajar bahasa Inggris selanjutnya adalah membuat kita menjadi mengerti akan teknologi. Seperti yang kita ketahui saat ini teknologi – teknologi yang ada seperti internet, PC, laptop dan beberapa teknologi lainnya menggunakan bahasa Inggris di dalam sistemnya.

Dengan mengerti bahasa Inggris tentu akan mempermudah anda untuk memahami setiap apa yang dimaksudkan dari teknologi tersebut sehingga tidak akan kebingungan akan ketidakpahaman.

  1. Menjadi Pengajar atau Mentor

Selain menjadi translator, mahir berbahasa Inggris juga dapat anda gunakan untuk menjadi seorang pengajar atau mentor bagi orang lain. Hal tersebut menjadikan anda sebagai pribadi yang lebih bermanfaat untuk orang lain. Tidak sedikit di era globalisasi ini orang – orang membagikan ilmu berbahasa Inggrisnya kepada banyak orang.

  1. Rasional

Salah satu manfaat belajar bahasa Inggris di tengah era globalisasi saat ini adalah membuat seseorang mampu bersikap rasional karena bagi mereka dengan kemahiran berbahasa Inggris akan membuat otak memproses setiap permasalahan yang mendera dan mengambil keputusan guna menyelesaikannya tanpa emosi. Logika seseorang dengan dua bahasa akan lebih terarah dalam mengambil suatu keputusan tanpa adanya dampak negatif.

  1. Sarana Memperkenalkan Budaya dalam Negeri

Bagi anda yang berjiwa nasionalisme, manfaat belajar bahasa Inggris ini sangat dibangga – banggakan karena bahasa Inggris dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan setiap budaya yang ada di dalam negeri kepada dunia.

Indonesia yang kaya akan budaya haruslah dibawa keluar dan diperkenalkan di ranah dunia. Dengan bahasa Inggris tentu hal tersebut akan semakin mudah untuk dilakukan.

  1. Mempermudah Menjalankan Bisnis

Belajar bahasa Inggris memberikan manfaat bagi anda yang sedang membuka sebuah bisnis baik melalui outlet maupun bisnis online. Bahasa Inggris dapat menjadi sarana untuk anda yang ingin membawa bisnis menuju kancah internasional. Anda dapat memperkenalkan bisnis yang sedang anda jalankan dengan menggunakan bahasa Inggris setiap mereka melalui media sosial.

  1. Raih Beasiswa di Luar Negeri

Kuliah di luar negeri dengan beasiswa menjadi salah satu hal yang banyak didambakan. Bahasa Inggris dapat membantu anda untuk meraih beasiswa seutuhkan di luar negeri. Maka dari itu, bahasa Inggris harus dikuasai dengan benar saat anda ingin mendapat beasiswa di luar negeri. Disamping itu, bahasa Inggris pun akan menjadi bahasa yang digunakan saat melanjutkan kuliah di luar negeri.

Dari beberapa manfaat belajar bahasa Inggris tersebut, masihkah anda ragu untuk memulai belajar bahasa Inggris? Ketika anda belajar bahasa Inggris akan ada banyak hal positif yang kembali dalam diri anda. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika memulai untuk belajar bahasa Inggris sejak dini dan terus kembangkan potensi berbahasa Inggris hingga menjadi mahir. Pastikan anda belajar bahasa Inggris dengan baik dan rasakan setiap manfaatnya untuk kehidupan sehari – hari.