Makanan Khas Tegal

Tegal yang merupakan salah satu kota di Jwa Tengah seringkali disebut juga dengan Kola Kuliner. Hal ini dikarenakan banyak sentra kuliner yang bisa kita temukan di daerah ini.

Adapun makanan khas Tegal dengan citarasa yang unik dan khas yaitu sebagai berikut :

1. Rujak Teplak

Rujak Teplak ini mirip dengan rujak sayur yang banyak kita jumpai. Namun yang membuatnya berbeda yaitu terdapat tambahan “sambal gaul”.

Sambal gaul tersebut adalah singkong rebus yang dihaluskan dengan menggunakan bumbu pedas.

2. Blendung

Makanan khas dengan bahan dasar jagung ini banyak kita jumpai di pasar tradisional yang ada di Tegal. Jagung yang direbus ini disajikan dengan menggunakan parutan kelapa.

3. Kupat Glabed

Sajian makanan khas berikutnya yaitu Kupat Glabed yang dibuat dengan potongan kupat lalu disiram kuah santan kental. Tak lupa juga dengan disajikan dengan kerupuk yang membuat makin sedap disantap.

4. Kupat Blengong

Kupat Blengong ini merupakan kupat Glabed dengan ditambahkan Sate Blengong. Sate ini juga unik dengan bentuknya yang lebih panjang dibanding dengan sate biasa. Rasanya yang gurih menjadikan sajian ini sayang untuk dilewatkan.

5. Glotak

Berikutnya ada Glotak yang berbahan dasar gembus dan dimasak dengan bumbu rempah sehingga rasanya gurih. Setelah itu dimasak kembali dengan kaldu dan cabai. Dalam proses memasak ini kita akan mendengar suara “Gltak-Glotak” sehingga dinamakan dengan Glotak.