Makanan Khas Jogja yang Paling Diburu Wisatawan

Makanan khas Jogja dikenal memiliki cita rasa yang sangat autentik. Bahkan bisa dikatakan cukup sulit untuk ditemukan di daerah lain. Nah, jika berlibur ke Jogja, rasanya ada yang kurang jika tidak mencoba kuliner khasnya.

Pertanyaannya kemudian adalah kira-kira apa jenis makanan tradisional Jogja yang paling banyak dicari para wisatawan? Baik dari dalam maupun luar negeri?

  1. Gudeg Sagan

Gudeg memang sangat melekat dengan Kota Jogja. Saking melekatnya, kota ini bahkan dijuluki sebagai Kota Gudeg. Nah, salah satu gudeg yang paling terkenal dan banyak penggemarnya adalah Gudeg Sagan ini.

Gudeg Sagan sendiri merupakan gudeg basah yang menggunakan ayam kampung sebagai lauk utamanya. Selain itu, biasanya juga ditambah lauk lain seperti telur belut rebus. Namun yang unik dari Gudeg Sagan adalah nangkanya diberi areh. Sehingga meninmbulkan cita rasa yang berbeda.

  1. Lupis Mbah Satinem

Kuliner khas Jogja lain yang paling sering diburu wisatawan adalah Lupis Mbah Santiem. Penjualnya, Mbh Satinem sendiri mulai berjualan lupis semenjak tahun 1963. Saking terkenalnya jajan ini, sampai berhasil masuk dalam sebuah acara berjudul Street Food di Netflix.

  1. Wedang Uwuh

Dinamakan Wedang Uwuh karena minuman berwarna merah ini dibuat dengan menggunakan bahan-bahan berupa dedaunan mirip dengan sampah. Nah, di dalam Bahasa Jawa, Uwuh ini memiliki arti sampah. Wedang khas Jogja ini umumnya disajikan panas atau hangat. Kemudian rasa yang ditawarkan adalah manis dan pedas.

Itulah beberapa kuliner khas Jogja yang selain terkenal juga paling sering diburu oleh para wisatawan. Nah, saat berlibur ke Jogja, cobalah untuk mencicipi tiga makanan khas Jogja tersebut.