Isi dari Makalah Tentang Kesehatan Secara Umum

Makalah adalah salah satu jenis laporan tertulis yang biasanya bersifat ilmiah. Makalah ini paling sering anda temukan jika sudah menginjak di bangku perkuliahan. Isi dari makalah juga beragam bisa berkaitan dengan hukum, pendidikan, hingga kesehatan. Berikut ini salah satu contoh makalah tentang kesehatan yang harus anda ketahui, terutama bagi mahasiswa fakultas kedokteran.

Beberapa Isi Terkait Makalah Kesehatan

  1. Latar Belakang

Dalam suatu laporan pasti tidak lepas dari latar belakang. Latar belakang adalah hal yang menjadi alasan anda mengambil penelitian ini. Jika dilihat dalam konteks kesehatan, maka biasanya latar belakang berisi mengenai fenomena, penelitian terdahulu, dan juga berbagai macam berita yang berkaitan dalam dunia kesehatan.

Berita atau fenomena ini umumnya sangat berkaitan erat dengan isu kesehatan yang tengah terjadi di masyarakat secara umum. Misalnya tentang covid 19, flu burung, psikopatologi dan masih banyak yang lainnya. Sehingga kebanyakan masalah yang diangkat terkait kebaruan fenomena yang terjadi di masyarakat.

  1. Rumusan Masalah

Sama seperti makalah pada umumnya, bahwa makalah tentang kesehatan juga terdapat rumusan masalah yang akan diteliti. Misalnya jika penelitian yang diambil tentang dasar-dasar kesehatan secara umum, maka anda bisa mengajukan rumusan masalah seperti apa yang dimaksud dengan kesehatan. Kemudian aspek-aspeknya, dan cara yang tepat dalam merawat kesehatan.

Rumusan masalah dalam makalah bentuknya tergantung dengan jenis yang diambil dalam penelitian. Jika penelitian kualitatif, rumusan masalah dibuat dalam bentuk paragraf. Sedangkan jika penelitian dalam makalah tersebut berbentuk kuantitatif, umumnya akan dibuat dalam bentuk poin-poin.

  1. Tujuan

Tujuan yang ada dalam makalah biasanya hampir sama dengan rumusan. Namun dalam tampilannya akan dibuat seperti deskripsi. Misalnya jika mengambil rumusan seperti diatas, maka tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui definisi, aspek, serta cara menjaga kesehatan dengan baik dengan benar.

  1. Pembahasan

Poin keempat mengenai pembahasan. Pembahasan adalah bentuk dari jawaban atas rumusan yang diajukan dalam makalah kesehatan. Jadi bisa diartikan bentuk pembahasan antara yang satu dengan yang lainnya akan berbeda, tergantung dari jumlah rumusan masalah atau hal yang ingin anda gali dalam penelitian.

Jadi jika anda tadi mengajukan rumusan masalah seperti diatas, maka pembahasan ideal yang anda sajikan yang pertama yaitu menjelaskan definisi dari kesehatan. Jelaskan definisi dari beberapa tokoh dan dalam penelitian terdahulu, lalu pada bagian akhir simpulkan dengan bahasa anda sendiri mengenai definisi tersebut.

Kedua anda juga harus menjelaskan aspek-aspek yang ada dalam dunia kesehatan. Mulai dari aspek fisik yang meliputi seluruh anggota tubuh manusia. Aspek mental, yang mencakup pikiran serta emosi individu. Kemudian kesehatan sosial, yang membahas individu dalam berinteraksi. Terakhir kesehatan ekonomi, tentang kemampuan manusia menghasilkan sesuatu.

Bagian ketiga membahas tentang cara menjaga kesehatan yang tepat. Misalnya dengan memperhatikan pola makan dan minum dengan baik, serta di barengi dengan pola hidup sehat dan bersih. Pembahasan lainnya dalam poin ketiga ini, anda juga bisa menyarankan untuk olahraga yang cukup dan sesuai dengan porsinya. Misalkan joging, bersepeda dan masih banyak lagi.

  1. Penutup

Terakhir dalam makalah kesehatan yaitu bagian penutup. Biasanya pada bagian ini berisi kesimpulan dari penelitian, dan juga saran yang tepat bagi masyarakat agar menjaga kesehatan. Karena terdiri dari dua hal, maka biasanya akan dibuat poin A untuk kesimpulan dan poin B untuk saran.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan, bahwa terdapat beberapa isi dalam makalah kesehatan. Mulai dari latar belakang masalah yang berisi alasan anda mengambil penelitian itu, ada fenomena apa, dan penelitian terdahulunya seperti apa. Hingga diakhiri dengan penutup yang berisi kesimpulan dan saran.