Mencari Mainan Anak Perempuan 7 Tahun? Ini Referensinya

Anak-anak memang tidak lepas dari yang namanya mainan. Bahkan ketika menginjak usia sekolah dasar pun tetap menyukainya. Bagi yang sedang mencari mainan anak perempuan 7 tahun, pastikan pemilihannya tepat.

Anak di usia 7 tahun sudah semakin aktif bergerak, rasa ingin tahunya tinggi, serta kemampuan motorik kasar dan halusnya kian agresif. Untuk mendukung proses tumbuh kembangnya, pastikan memberi mainan anak perempuan 7 tahun yang tepat. Ini beberapa referensinya.

Berbagai Referensi Mainan Anak Perempuan 7 Tahun

Sebaiknya memberikan mainan tidak hanya yang menyenangkan, tetapi juga mengedukasi. Mainan edukasi untuk anak perempuan cukup banyak jenisnya. Cocok bagi yang ingin mengurangi ketergantungan buah hati terhadap gawai. Ini beberapa contohnya.

  1. Mainan Kayu

Mainan kayu merupakan permainan yang isinya satu set balok berukuran macam-macam. Cara memainkannya dengan dibentuk menjadi beragam model. Mainan satu ini sangat membantu Si Kecil dalam melatih imajinasi serta kreativitasnya.

Selain itu, dalam merangkai berbagai bentuk, kosentrasi anak juga akan semakin terangsang. Motorik anak yang semakin lincah, akan kian meningkat dan bisa dikondisikan dengan membuat aneka bentuk dari balok-balok kayu.

  1. Alat-alat Masak Mainan

Anak perempuan sangat suka dengan mainan satu ini. Meskipun ada beberapa anak laki-laki yang menyukainya, umumnya penggunanya lebih banyak ke perempuan. Model alat masak-masakan ini sangat beragam.

Ada yang berbentuk satu set layaknya dapur mini, miniatur alat masak, hingga aneka bahan makanan. Mainan anak perempuan 7 tahun ini sangat berguna untuk melatih motorik, imajinasi, serta kreativitas. Jika dimainkan bersama teman, komunikasi pun bisa ditingkatkan.

  1. Puzzle

Asah kreativitas anak dan kemampuan memecahkan masalah dengan puzzle. Mainan satu ini berbentuk potongan-potongan, yang dirangkai membentuk sebuah motif tertentu. Cocok untuk melatih daya imajinasi, serta membentuk anak agar bisa memecahkan masalah.

Memainkan puzzle juga berguna untuk melatih ketekunan. Anda bisa membelikannya di beberapa tempat. Misalnya di toko mainan, e-commerece,  atau di tempat jual perosotan anak, dimana juga terdapat ragam mainan lain di tempat tersebut.

  1. Pasir Kinetik

Pasir kinetik merupakan mainan anak yang modelnya seperti pasir, hanya saja tidak mudah berceceran serta didesain warna-warni. Mainan satu ini umumnya dijual satu set dengan sekop, ember kecil, serta ragam cetakan.

Anak perempuan umur tujuh tahun biasanya sangat antusias bermain-main dengan bentuk. Fasilitasi mereka dengan mainan yang mendukung minatnya. Keunikan mainan ini juga terdapat pada pilihan warnanya yang sangat cerah menarik mata.

  1. Alat Tulis

Alat tulis memang lazim dimiliki anak-anak usia sekolah. Akan tetapi Anda bisa memberikannya sebagai mainan jika pemilihannya tepat. Misal memberikan spidol warna-warni dengan kertas untuk alat mewarnai gambar buah hati.

Memberikan alat tulis juga tidak ada ruginya. Cocok untuk anak yang memang minat dan bakatnya di bidang menggambar atau menulis. Berikan model alat tulis yang bentuknya lucu, agar Si Kecil makin bahagia menggunakannya.

Kriteria Bahan-bahan Aman untuk Mainan Si Kecil

Memberikan mainan memang menjadi salah satu kewajiban orang tua. Anda juga tidak boleh asal memberi. Pastikan modelnya sesuai dengan umur, serta bahan-bahannya aman digunakan, tidak menimbulkan iritasi. Ini beberapa kriteria bahan mainan yang baik untuk anak.

  • Berlabel tidak mudah terbakar. Sebaiknya sudah ada tulisan label SNI sebagai jaminan kualitas.

  • Bahan mainan lembut, sehingga mudah dibersihkan dan dicuci.

  • Pelapis cat yang digunakan aman, tidak mengandung bahan yang berbahaya.

  • Mengandung label tidak mudah beracun.

  • Bahannya tidak kasar dan tidak runcing.

Nah itu dia beberapa mainan anak perempuan 7 tahun yang bisa Anda coba berikan. Pastikan untuk memberi buah hati mainan yang terbaik, dan dampingi saat bermainnya sebagai upaya quality time yang berharga.