Mencerahkan Kulit hingga Mengatasi Bekas Jerawat! Inilah Manfaat-manfaat Kolagen untuk Kulit

Kolagen merupakan salah satu jenis protein yang sangat bermanfaat untuk berbagai jaringan yang ada pada tubuh manusia. Salah satu jaringan tubuh pada manusia yang sangat bergantung pada kolagen ini adalah kulit. Lalu, apa saja manfaat-manfaat kolagen untuk kulit? Yuk, simak berikut ini!

6 Manfaat Kolagen bagi Kulit

  1. Mencerahkan Kulit di Wajah

Salah satu manfaat kolagen bagi kulit yang pertama adalah mampu mencerahkan kulit yang ada di bagian wajah. Kolagen sendiri memiliki berbagai kandungan yang sangat bermanfaat untuk kulit karena dapat mencerahkan kulit secara alami karena kandungan proteinnya yang tinggi.

  1. Meningkatkan Hidrasi pada Kulit

Manfaat kedua kolagen bagi kulit adalah mampu meningkatkan hidrasi pada kulit. Kulit dengan tingkat hidrasi yang baik akan membuat lebih lembut dan halus ketika disentuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa protein kolagen ini sangat berguna untuk mengatasi kulit yang kering.

Kulit kering memang dianggap sepele karena tidak membahayakan. Namun, jika dibiarkan terus menerus, kulit kering dapat membuat adanya eksim pada kulit. Selain eksim, kulit kering juga menimbulkan berbagai masalah-masalah lain seperti kulit pecah-pecah, meradang, kemerahan dan gatal. Untuk itu, kolagen diperlukan agar kulit tetap lembab.

  1. Elastisitas Kulit Menjadi Meningkat

Manfaat lain dari kolagen untuk kulit adalah mampu meningkatkan tingkat elastisitas pada kulit. Saat mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak kolagen secara rutin, kulit akan lebih sehat dan elastis. Kulit yang elastis tentu sangat menguntungkan untuk manusia.

Saat bertambahnya usia, jumlah kolagen pada tubuh biasanya akan menurun. Inilah yang akan membuat kulit menjadi kendur. Maka dari itu, dengan konsumsi tambahan kolagen dari makanan dan minuman tinggi kolagen secara teratur mampu merawat kulit dengan meningkatkan elastisitasnya guna mencegah kekenduran permanen.

  1. Mengatasi Selulit

Manfaat keempat dari konsumsi makanan dan minuman dengan kandungan kolagen yang tinggi adalah mampu mengatasi serta mengurangi selulit. Hal ini dapat terjadi sebab kolagen mampu menghaluskan kulit yang memiliki selulit dengan cara memperkuat lapisan yang bernama dermis.

Selulit biasanya muncul dan terlihat akibat kulit yang menipis. Selain itu, kulit yang meregang serta mengendur karena pertambahan usia dan penuaan juga dapat menyebabkan selulit menjadi terlihat. Maka dari itu, konsumsi kolagen sangat diperlukan untuk meningkatkan elastisitas dan ketebalan kulit sehingga selulit dapat dikurangi.

  1. Mengurangi Kerutan dan Membuat Kulit Halus

Manfaat kolagen yang selanjutnya untuk kulit adalah mampu mengurangi kerutan dan membuat kulit menjadi lebih halus. Pasalnya, kolagen ini merupakan salah satu komponen yang berperan paling penting untuk lapisan yang bernama dermis, yang ada pada kulit manusia.

Maka dari itu, kebutuhan kolagen setiap harinya sangat perlu untuk dicukupi. Hal ini untuk menjaga kulit untuk tetap halus. Tidak hanya itu, kolagen ini juga memiliki efek anti-penuaan yang dapat membuat kulit menjadi lebih kencang. Karena hal inilah kolagen sangat baik untuk membantu kulit menjadi lebih halus dan mengurangi kerutan pada kulit.

  1. Mengatasi Bekas Jerawat

Saat ada jerawat pada kulit, biasanya akan menimbulkan bekas luka saat sembuh nantinya. Bekas jerawat ini disebabkan oleh kolagen pada kulit yang rusak. Karenanya, konsumsi kolagen mampu memperbaiki jaringan-jaringan pada kulit yang mampu menyembuhkan bekas jerawat.

Demikian 6 manfaat kolagen untuk kulit yang perlu Anda ketahui. Kolagen ini adalah salah satu jenis protein yang sangat berguna untuk merawat kulit. Untuk itu, jika Anda menginginkan kulit yang sehat serta mengurangi kerutan akibat penuaan, Anda bisa meningkatkan konsumsi makanan atau minuman kolagen.