Khasiat Daun Sirih Si Penyegar Bau Napas

Pasti Anda sudah familiar dengan daun sirih bukan?Daun sirih atau Piperacae memang sudah lama digunakan sebagai pembungkus kunyahan pada kegiatan nyirih.Kegiatan nyirih ini dipercaya dapat menyegarkan napas dan bersifat mendinginkan mulut.Bukan hanya untuk kegiatan nyirih saja, namun daun sirih ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional.

Daun sirih mengandung sejumlah bahan aktif yang konsentrasinya bergantung pada jenis tanaman, musin, dan cuaca.Daun sirih juga dikenal karena aromanya yang datang dari kandungan afenol yang berfungsi sebagai zat antiseptik.Apakah hanya itu saja manfaat dari daun sirih. Tentu bukan hanya itu saja, daun sirih memiliki khasiat lain yang baik untuk kesehatan.

Salah satu khasiat daun sirih yaitu dapat mencegah karies gigi.Selain untuk menyegarkan napas dan mendinginkan mulut, mengunyah daun sirih juga mampu menghambat pertumbuhan bakteri jahat.Bakteri jahat tersebut mampu menyebaban timbunan plak yang akhirnya menjadi karies gigi.Misalnya, strepotococci, lactobacilli, staphylococci, corynebacteria, porphyromonas gingivalis, dan lainnya.

Selain itu, daun sirih juga dapat menyehatkan alat reproduksi.Ekstrak daun sirih yang didapat melalui air rebusan daun sirih ini dapat diminum. Air rebusan daun sirih yang diminum tersebut dapat menaikkan level kesuburan pada wanita. Selain itu, rebusan air daun sirih juga dapat menurunkan level estrogen yang mungkin memengaruhi tingkat kesuburan pada Rahim Anda.

Selain diminum, air rebusan daun sirih juga dapat digunakan untuk mengurangi keputihan.Caranya gunakan air rebus daun sirih untuk bilasan pada kelamin Anda.