Lulusan IPDN Kerja Apa dan Bagaimana Prospeknya?

Apakah kamu pernah mendengar jika lulusan IPDN memiliki pekerjaan dan karir yang menjanjikan. Tetapi pastinya kamu memiliki pertanyaan di dalam hati, lulusan IPDN Kerja apa? Perlu kamu ketahui bahwa lulusan IPDN memiliki banyak prospek karir yang bagus setelah lulus dari institut tersebut. Untuk lebih jelas menjawab pertanyaan tentang lulusan IPDN kerja apa, simak penjelasan berikut!

IPDN atau Institut Pemerintahan Dalam Negeri adalah sebuah sekolah kedinasan yang dibentuk oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Perguruan tinggi kedinasan ini banyak diimpi-impikan oleh lulusan SMA sederajat yang ingin memiliki karir yang jelas setelah lulus kuliah.

Hal ini dikarenakan perguruan tinggi kedinasan dari Pemerintah ini dikabarkan memiliki karir yang baik dan ditempatkan di posisi yang strategis, serta tentunya memiliki gaji yang tinggi. Tetapi banyak orang hanya mengerti bahwa lulusan IPDN memiliki prospek kerja yang bagus. Tapi tidak tahu pekerjaannya setelah lulus institut tersebut bekerja sebagai apa.

Lulusan IPDN Kerja Apa dan Bagaimana Prospeknya?

Dilansir dari banyak sumber, untuk menjawab pertanyaan lulusan IPDN kerja apa, jawabanya adalah sebagai berikut. Pekerjaan lulusan IPDN tergantung dari jurusan yang ditempuh selama pendidikan, ada 3 fakultas di IPDN dan prospek kerjanya, yaitu :

  • Fakultas Hukum Tata Kelola Pemerintahan memiliki propek kerja di Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik, Kependudukan dan Catatan Sipil, dan Praktik Kepolisian Tata Pamong.

  • Fakultas Manajemen Pemerintahan memiliki prospek kerja di Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintah, Keuangan Publik, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Administrasi Pemerintah Daerah.

  • Fakultas Politik Pemerintahan memiliki prospek kerja di Politik Indonesia Terapan, Studi Kebijakan Publik dan Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat.

Dari prospek kerja lulusan IPDN yang dijelaskan di atas berdasarkan fakultasnya, lulusan IPDN akan memiliki pekerjaan sebagai stap sampai pimpinan di salah satu lembaga pemerintahan. Umumnya lulusan IPDN akan langsung ditempatkan bekerja di tingkat kecamatan.

Lulusan IPDN juga akan langsung mendapatkan pekerjaan sebagai Sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan golongan 3A dan lulusan IPDN juga bersedia ditempatkan di seluruh wilayah indonesia termasuk wilayah yang pelosok dari tingkat daerah sampai provinsi. Selain itu, lulusan IPDN juga bisa ditempatkan bekerja di Kementrian. Jadi lulusan IPDN prospek kerjanya tergantung dari jurusan yang diambil saat menempuh pendidikan di IPDN.

Jadi itulah tadi jawaban atas pertanyaan lulusan IPDN kerja apa. Semoga dengan mengetahui jawabana tas pejelasan di atas kamu bisa melihat bahwa ini adalah peluang bagus untuk menentukan karir masa depan kamu yang sangat baik.

Sehingga jika kamu saat ini baru lulus SMA atau sederajat, kamu bisa pertimbangkan untuk bisa masuk ke sekolah kedinasan IPDN. Karena setelah lulus kuliah kamu akan mendapatkan pekerjaan yang sudah pasti dan jelas.

Tips Mendaftar Sekolah Kedinasan IPDN Agar Lolos

Apakah kamu tertarik dengan prospek kerja lulusan IPDN yang dijelaskan diatas? Perlu kamu ketahui bahwa salah satu tujuan dari sekolah kedinasan IPDN adalah membentuk dan menghasilkan taruna dan taruni terbaik yang akan membantu pemerintah untuk menjalankan tugas tertentu didalam instansi pemerintah dan kementrian.

Karena itu, untuk bisa masuk ke IPDN tidak semua siswa lulusan SMA bisa dengan mudah lulus di tahap pendaftaran. Maka jika kamu benar-benar tertarik untuk mendaftar di IPDN. Kamu harus mempersiapkan diri dengan lebih matang, karena tes masuk IPDN sangat sulit.

Berikut ini ada beberapa tips mendaftar sekolah kedinasan IPDN agar bisa lolos dengan mudah, yaitu :

  1. Berlatih soal soal ujian masuk IPDN

  2. Memperdalam Materi tentang IPDN dan jurusan yang dipilih

  3. Mencari semua informasi IPDN dengan lengkap

  4. Menjaga kesehatan jasmani dan psikologis

  5. Mengikuti BIMBEL IPDN yang khusus membahas tes masuk IPDN