Hukum Mengurus Jenazah Dan Memandikan Jenazah

Salah satu kewajiban muslim yang satu dengan yang lainnya adalah mendoakan, menjenguk ketika sakit dan menguburkan jenazah dengan benar. Namun tidak semua orang bisa mengerti tata cara yang benar bagaimana dalam mengurus  jenazah dengan benar. Maka dari itu anda dapat mengetahui segala informasi mengenai pengurusan jenazah sesuai dengan tata cara dan yang sudah ditentukan. Untuk jenazah tentunya harus di mandikan, kemudian disholatkan, dikafani dan kemudian dikuburkan. Namun banyak hal yang harus anda lihat dulu sehingga akan menjadikan anda dapat melihat apakah bisa sesuai dengan tata cara yang ada. Berikuti ini adalah hal hal tentang pengurusan jenazah, menyiapkan peralatan untuk jenazah dan tentu saja tempat pemandian jenazah yang sesuai dengan tata cara yang benar.

 

Tentunya ada banyak hal yang harus anda ketahui lebih dulu sehingga bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk mengetahui bagaimana tata cara yang benar. Untuk itu anda dapat membaca informasi mengenai pengurusan jenazah dengan ulasan dibawah ini.

 

Hal-hal yang diperhatikan saat mengurus jenazah

 

  1. Siapa orang yang berhak memandikan jenazah?

Dalam islam sendiri ada aturan  untuk tidak sembarangan dalam memandikan jenazah sehingga bisa disebut ada aturan ketat. Untuk jenazah laki laki maka yang laki laki yang masih menjadi anggota keluarga yang bisa memandikan. Untuk yang bisa memandikan antara lain istrinya, tetangga yang berjenis kelamin laki laki, kemudian anak laki kandung. Untuk perempuan, maka yang berhak adalah suaminya, kemudian perempuan yang dimana masih ada ikatan keluarga, kemudian tetangga perempuan dan juga anak laki laki kandungnya.

 

Untuk jenazah yang masih kecil atau masih dibawah 7 tahuh, maka yang boleh adalah perempuan atau laki laki dan didampingi oleh mereka yang paham dengan ilmu fiqih.

 

  1. Peralatan untuk mandikan jenazah

Adapun alat alat yang harus disiapkan untuk memandikan jenazah antara lain handuk dan kain basahan yang cukup, potongan atau gulungan kain yang kecil, kapas, sarung tangan untuk orang yang memandikan, sabun, wewangian, air kapur barus, air putih yang cukup.

 

Alat alat tersebut harus disiapkan secara lengkap agar proses dalam memandikan jenazah juga menjadi cepat . Untuk kain kafan juga harus disiapkan agar jenazah segera dapat dikafani setelah sudah selesai. Banyak orang yang belum tau cara memandikan untuk jenazah, maka dari itu anda bisa baca berbagai situs yang tentunya dapat menjadi tempat anda untuk dapat belajar bagaimana mengurus jenazah dengan benar.

 

Bagaimana hukum mengurus jenazah

 

Setelah semua peralatan sudah disiapkan, maka proses untuk memandikan kan segera dilakukan dan anda dapat melakukannya sesuai dengan tata caranya. Ada banyak sekali tata cara yang harus anda perhatikan saat memandikan jenazah karena ini akan membantu jenazah menjadi lebih bersih dan siap untuk dikafani.

Untuk memandikan jenazah, maka harus niat kemuaidn tinggikan bagian kepala jenazah untukdapat membersihkan seluruh anggota tubuh serta lubang lubang yang ada dalam tubuh jenazah. Tekan perut dan juga anggota tubuh tengah agat seluruh kotoran akan dapat keluar dan juga dapat bersih. Anda dapat menyiram dengan benar dan sesuai dengan tata caranya. Basuh bagian jenazah dengan dan jangan lupa gunakan wewangian yang akan membantu jenazah menjadi lebih wangi. Setelah itu keringkan tubuh jenazah dengan benar sampai jenazah bisa dikafani dan tidak ada lagi air yang masih tersisa.