Mengintip Deretan Harga Motor Trail Bekas Beserta Tips Memilihnya

Bagi pecinta trek downhill dan off road, maka motor trail menjadi pilihan yang tepat untuk menyalurkan hobi tersebut. Namun terkadang terkendala dengan mahalnya motor trail. Beruntungnya, sudah banyak dealer yang menyediakan kendaraan roda dua tersebut dengan harga motor trail bekas yang tidak menguras kantong. Agar tak salah pilih, simak informasi berikut!

Alasan Memilih Motor Trail Bekas

Ketika ingin membeli motor trail namun dana cukup terbatas, maka anda akan dihadapkan dengan dua pilihan. Pertama, anda bisa  membeli motor baru tapi kredit dan satunya lagi yaitu membeli motor bekas dengan harga sesuai budget. Bagi anda yang tidak ingin memiliki tanggungan kredit, maka pembelian motor bekas trail seringkali menjadi opsi alternatif.

Dana yang terbatas ini bisa menjadi alasan utama kenapa orang lebih memilih motor trail bekas ketimbang baru. Bahkan, harga motor bekas bisa dua kali lebih murah jika dibandingkan dengan membeli kendaraan trail yang baru. Hanay merogoh kocek yang terjangkau saja, anda sudah bisa mendapatkan surat lengkap dengan kondisi motor yang cukup baik.

Tak hanya itu saja, beberapa orang juga memilih motor trail bekas karena suka dengan model yang terdahulu. Pasalnya, motor trail baru memiliki desain yang lebih tajam dan cenderung menyudut. Hal inilah yang membuat sebagian orang kurang menyukainya. Maka dari itu, orang banyak berbondong bondong memburu motor bekas

Selain model dan desain yang cukup unik motor trail bekas ini mudah didapatkan. Kebanyakan motor motor trail bekas ini dipajang di toko offline maupun online, Jika anda ingin mendapatkannya dengan mudah dan cepat, maka dealer motor bekas menjadi solusi terbaik. Pasalnya, anda tak perlu lagi mengurus surat sedemikian rupa.

Rekomendasi Motor Trail Bekas yang Worth to Buy

Seperti yang sudah diketahui, harga motor trail termurah di dealer bisa mencapai 30 jutaan di kelas 150 cc. Bagi yang memiliki budget terbatas, harga tersebut memang cukup memberatkan. Apalagi jika tujuan pembelian trail untuk digunakan offroad dan dimodifikasi, tentu akan membutuhkan uang ekstra. Untuk itu, tak ada salahnya memilih motor trail bekas seperti berikut.

  1. Viar Cross 150 cc

Bagi anda yang ingin mendapatkan performa yang terbilang cukup impresif di kelas cc 150, maka Viar Cross menjadi pilihannya. Hal ini semakin lengkap dengan sisi tampilannya yang membuatnya terlihat kokoh dan juga kekar secara bersamaan. Dengan model yang cukup keren inui harganya berkisar 10 jutaan saja. Hal ini memberikan angin segar bagi anda yang ingin membeli bekasnya.

  1. Viar Cross X 150

Masih dengan brand Viar Cross, anda bisa mendapatkan seri X 150cc untuk motor trail bekas. Dengan harga bekasnya yang cukup terjangkau, anda bisa memiliki trail satu ini dengan mudah. Aspek yang memuat motor ini patut dipertimbangkan yaitu desainnya yang menarik dan cukup ringan jika dikemudikan di medan yang cukup berat.

  1. Kawasaki KLX150

Beranjak ke rekomendasi berikutnya ada Kawasaki KLX 150 seri lawas yang memiliki performa mumpuni di kelas motor trail. Untuk keluaran 2009 sampai 2011 ini ditemukan di range mulai 14 sampai dengan 15 jutaan saja. Sedangkan generasi di atas seri ini memiliki harga yang mencapai 18 an sampai dengan 20 jutaan saja.

  1. Honda CRF150L

Tak berhenti sampai di situ saja, masih ada berbagai brand ternama dengan spesifikasi bagus seperti Honda. Datang dengan seri CRF 150L, anda bisa menemukan motor trail bekas ini di platform online dengan harga dua puluh jutaan saja. Memang ini tak menggiurkan dari KLX lawas, tetapi Honda CRF 150L memiliki keunggulan tersendiri yang tak bisa ditemukan di trail lainnya.

Yang menjadi keunggulan dari sepeda trail satu ini berkat adanya teknologi PGM-FI alias sistem bensin injeksi. Dengan spesifikasi yang begitu canggih dan harga motor trail bekas racikan tersebut, tentu bisa membuat motor trail dari honda ini memiliki pembakaran lebih sempurna. Plus, ini juga berpengaruh pada efisiensi bahan bakar yang setelannya lebih mudah.

  1. Honda CRF150L

Harus diakui Honda memiliki beberapa variasi trail yang dapat anda pilih dengan mudah. Salah satu yang tak bisa dilewatkan begitu saja yaitu CRF 150 L yang memiliki performa jempolan jika dibandingkan seri sebelumnya. Motor trail ini memiliki produksi tenaga 12,7 Hp/ 8.000 rpm dari mesin 149 cc.

Jika dilihat dari transmisi yang digunakan, maka sama halnya dengan dengan KLX karena memakai tipe manual lima percepatan. Dengan spek dan performa tersebut, maka Honda ini memiliki karakteristik yang tak jauh berbeda dengan KLX. Ini bisa dilihat dari aspek kaki kaki, penggerak, bahkan kopling.

Keuntungan Membeli Motor Trail Bekas

Motor trail bekas memang menjadi alternatif bagi anda yang menginginkan trail idaman, namun terbentur dengan anggaran yang terbatas. Tak hanya menghemat budget, jika detail memperhatikan unit trail tersebut, maka anda bisa mendapatkan motor dengan kondisi mumpuni seperti motor trail baru. Tak hanya  itu saja, masih banyak lagi keuntungan yang didapatkan seperti berikut.

  1. Harga yang Murah

Salah satu keuntungan yang paling bisa dirasakan yaitu dari segi biaya. Dengan memilih trail bekas, anda bisa menghemat pengeluaran mencapai 50%. Yang jelas, harga dari motor bekas trail ini lebih murah dibandingkan dengan motor baru. Bahkan, anda bisa mendapatkan harga mudah dengan kondisi yang bagus jika jeli melihatnya.

  1. Mendapatkan Motor Idaman

Tak hanya memiliki harga yang jauh lebih miring, tetapi anda juga bebas memilih unit motor trail bekas yang diinginkan. Ada banyak unit yang bisa dipilih, mulai dari keluaran tahun tahun sebelumnya sampai yang terbaru. Semua motor trail dengan spesifikasi dan juga harga bervariasi tersedia di dealer maupun situs jual beli motor.

Jika anda membeli motor tersebut melalui situs online, maka akan lebih mudah lagi. Anda tak perlu lagi jauh jauh datang ke dealer sepeda motor. Cukup memanfaatkan internet dan device untuk mengakses situs tersebut, maka sepeda motor trail bisa anda bawa pulang. Untuk pengirimannya, anda bisa memanfaatkan jasa ekspedisi Jogja sebagai solusi.

  1. Bisa Langsung Dapat Unitnya

Kemudahan lain yang bisa anda dapatkan dari membeli motor trail bekas yaitu tidak perlu menunggu lama untuk dapat unitnya. Pasalnya, motor trail bekas sudah tersedia dan kelengkapan suratnya jika ingin dibawa pulang. Lain halnya dengan jenis motor baru, anda harus mengurus berbagai macam dokumen agar dapat  membeli motor idaman.

Bagi anda yang tidak ingin ribet untuk mengurus semua berkas, maka motor trail bekas menjadi pilihan yang paling tepat. Tak perlu lagi menunggu untuk mendapatkan STNK atau plat nomor jadi. Yang hanya perlu anda lakukan adalah menyiapkan sejumlah biaya untuk membelinya. Secara langsung, anda bisa memiliki motor idaman ke rumah.

  1. Bisa Memakai KTP dari Luar Daerah

Motor trail bekas ini juga memberikan keuntungan tersendiri bagi para pendatang yang ingin memiliki kendaraan bermotor jenis offroad. Cukup menggunakan KTP luar daerah, anda bisa dengan mudah memiliki motor impian. Dengan begitu, segala kebutuhan yang diinginkan bisa terpenuhi secara mudah berkat harga motor trail bekas terjangkau dan mudah didapat.

  1. Mendapatkan Benefit Dari Dealer Motor Trail Bekas

Tak ketinggalan, anda juga akan mendapatkan keuntungan dengan membeli di dealer motor trail bekas. Beberapa dealer terpercaya dan berkualitas memiliki program program khusus. Seperti misalnya pemberian diskon dan bonus pada unit motor trail yang dijualnya. Tak hanya itu saja, beberapa di antaranya juga memberikan free service lengkap dengan garansi satu tahun.

Tips Memilih Motor Trail Besar yang Wajib Anda Tahu

Bagi anda yang ingin membawa motor idaman trail dengan kondisi bagus, ada beberapa tips yang bisa diterapkan. Jangan sampai anda membeli barang bekas yang memiliki keadaan tak sesuai dengan kemampuan maupun budget yang dimiliki. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini!

  1. Penggunaan Motor Trail

Sebelum memilih mana motor trail bekas terbaik, maka anda harus memperhatikan beberapa aspek. Salah satunya yaitu kegunaan dari motor tersebut. Apakah kendaraan tersebut digunakan untuk adventure, kompetisi  offroad atau penggunaan sehari hari saja. Pasalnya, setiap unit telah dirancang sedemikian rupa untuk tujuan tertentu.

Apabila anda jarang memakai motor trail di medan ekstrem atau offroad, maka belilah trail dengan bobot yang berat. Dengan spesifikasi yang tepat, tentu tidak akan mengganggu penggunaan sehari hari. Hal ini akan berbeda jika anda memakainya untuk kegunaan tight wood, offroad single track atau bahkan tikungan yang tajam.

  1. Skill Dalam Menggunakan Motor Trail

Bagi anda yang masih pemula, ada baiknya membeli motor trail yang memiliki keluaran tenaga yang ada di tengah tengah. Jangan memilih trail dengan tenaga agresif karena bisa mempengaruhi cara mengemudi nantinya. Anda harus mempertimbangkan juga berat badan dan tinggi badan ketika menggunakan trail yang diinginkan.

Pasalnya di medan ekstrim yang curam, postur badan pengendara menjadi faktor penentu trail dikendalikan dengan baik. Jika anda memiliki postur badan yang kurang, maka motor tipe jakung ini akan menyiksa ketika berkendara. Namun, hal ini tersebut bisa diatasi jika anda sudah memodifikasi sparepart dari kendaraan tersebut.

Setelah itu, perhatikan juga skill yang anda miliki untuk mengendarai trail. Jika memang masih pas pasan dalam menaiki trail, maka lebih baik jangan membeli trail denagn mesin spek  enduro murni. Sedangkan bagi anda yang merasa punya kemampuan mumpuni dalam mengendalikannya, motor 450cc menjadi pilihan yang tepat.

  1. Ketahanan dan Kenyamanan Motor

Apabila anda merencanakan untuk menggunakan kendaraan satu ini dengan harga motor trail bekas untuk offroad, maka faktor kenyaman dan kondisi motor menjadi prioritas. Memang banyak trail yang memiliki tampilan bagus, tetapi ketika turun ke medan offroad kemampuannya kurang. Jadi, jangan sampai memilih trail yang membuat kerepotan diri sendiri.

Motor trail bekas memang sampai saat ini menjadi banyak pilihan bagi orang orang untuk memenuhi keinginannya. Untuk mendapatkan motor jenis yang satu ini, maka anda bisa membelinya di situs jual beli motor trail bekas maupun dealer terdekat. Asalkan mengecek dengan benar beserta kelengkapan suratnya, maka anda bisa mendapatkan motor trail bekas terbaik.