Gunung Everest

Gunung Everest atau merupakan gunung tertinggi di dunia. Puncak Gunung Everest menandakan perbatasan antara Negara Nepal dan Tibet, puncaknya berada di Negara Tibet.

Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 8.850 mdpl, meskipun terdapat variasi ukuran, baik yang ditentukan menurut pemerintah Nepal maupun Tiongkok belum mengesahkan ukuran Gunung Everest secara resmi. Oleh mereka, ketinggian Puncak Everest masih dianggap 8.848 mdpl.

Gunung Everest adalah gunung yang puncaknya memiliki jarak paling jauh dari permukaan laut. Di samping itu, terdapat dua gunung lain yang terkadang juga disebut sebagai gunung tertinggi di dunia yaitu  Mauna Loa di Hawaii dan Gunung Chimborazo di Ekuador.

Gunung Chimborazo puncaknya mencapai 2.150 mdpl lebih tinggi dari pusat bumi dibandingkan Gunung Everest karena Bumi mengembung di kawasan khatulistiwa. Meskipun begitu, Gunung Chimborazo hanya mencapai ketinggian 6.272 mdpl, sehingga bahkan bukan merupakan puncak tertinggi di Andes.

Namun, dibalik keindahan Gunung Everest, ternyata Everest juga merupakan gunung paling kotor dunia. Hal ini terjadi karena banyaknya sampah yang mengotori diakibatkan pendaki yang tidak membawa turun kembali kaleng-kaleng minuman dan sampah plastik makanan yang mereka bawa sebagai persediaan ketika mendaki Gunung Everest ini.

Selain itu, Gunung Everest juga dikotori dengan botol oksigen, peralatan pendakian,  kotoran manusia hingga mayat-mayat pendaki yang dibiarkan begitu saja tanpa di evakuasi.