Cara Membedakan Furniture Jati Jepara Asli dan Palsu

Saat ingin membeli furniture khas Kota Jepara, tentu sangat penting bagi Anda untuk memilih yang asli. Jangan sampai karena kepopuleran furniture tersebut membuat Anda sembarangan dalam memilihnya. Pasalnya, tentu bukan tidak mungkin ada orang yang tidak bertanggung jawab untuk memalsukan produk tersebut dengan harga jauh lebih murah.

 

Pentingnya Memilih Furniture Asli Jepara

Seperti yang diketahui, Jepara merupakan salah satu kota yang dikenal dengan furniturenya. Setiap furniture tersebut dibuat oleh para pengrajin profesional sehingga tidak heran jika kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Umumnya, setiap furniture tersebut dibuat dengan bahan kayu yang berkualitas, seperti kayu jati.

Kekuatan kayu jati sendiri memang terbilang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan jenis kayu yang lainnya. Tidak heran jika kebanyakan furniture dari daerah tersebut menggunakan kayu jati sebagai bahan utamanya. Furniture dengan bahan kayu jati juga lebih tahan terhadap cuaca ekstrim. Baik itu cuaca panas, hujan, dan lain sebagainya

Saat ini sendiri ada banyak furniture yang dapat Anda jadikan pilihan. Anda dapat menempatkan furniture Jepara tersebut di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Terlebih, umumnya setiap furniture akan dibuat ukiran yang sangat menarik. Tentu akan menambah keindahan tersendiri dalam sebuah ruangan.

Cara Membedakan Furniture Asli Jepara dan yang Palsu

Bagi Anda yang ingin membeli furniture dari Kota Jepara, maka sangat penting untuk membedakan mana yang asli dan palsu. Dengan begitu, tentu akan lebih mudah untuk tidak tergiur dengan barang palsu tersebut. Di bawah ini beberapa cara membedakannya yang perlu Anda simak:

  1. Memakai kayu jati berkualitas

Perlu diketahui, bahwa kebanyakan furniture yang berasal dari kota tersebut menggunakan bahan utama kayu jati yang berkualitas. Kayu jati yang berkualitas sendiri umumnya terdapat pada kayu jati yang tua dengan tidak ada banyak cacat alami. Dengan begitu, kayu tersebut dapat menghasilkan produk terbaik.

Terlebih, kayu jati yang tua juga memiliki serat yang padat. Hal inilah yang menjadi penyebab bahwa kayu jati tersebut lebih berbobot. Warna yang dihasilkan sendiri coklat merata. Usahakan Anda memilih furniture dengan memperhatikan beberapa hal tersebut.

  1. Konstruksi Kokoh

Furniture asli Kota Jepara juga memiliki konstruksi yang kokoh. Hal inilah yang akan menjadi bukti bahwa furniture tersebut lebih awet digunakan dibanding yang lainnya. Lantas, bagaimana cara mengetahui konstruksi tersebut kokoh? Anda dapat menggoyang-goyangkan furniture tersebut jika memungkinkan.

Apabila konstruksi terasa kokoh, maka tentu tidak ada salahnya untuk memilih furniture tersebut. Dengan konstruksi yang kokoh maka dapat dipastikan bahwa furniture yang dipilih bagus dan tahan lama dalam pemakaiannya.

  1. Mebel asli Jepara

Seperti yang Anda ketahui Jepara memang merupakan pusat industri kayu jati. Tentu di daerah tersebut Anda dapat melakukan pembelian furniture kayu jati yang berkualitas. Terlebih mebel asli Jepara tentu dapat menembus skala internasional. Hal ini tentu tidak akan menjadikan Anda ragu lagi saat memilihnya.

Selain itu, mebel asli Jepara yang satu ini tentu dapat dipastikan akan memproduksi furniture asli khas Jepara. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi mendapatkan produk yang palsu. Pasalnya, daerah tersebut memang memiliki banyak pengrajin profesional.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda ketahui untuk membedakan furniture asli dan yang palsu dari Jepara. Jepara sendiri merupakan salah satu kota dengan penduduk yang umumnya bekerja sebagai pengukir kayu. Dengan begitu, tentu tidak akan sulit jika ingin mendapatkan produk yang berkualitas.