7 Fakta Burung Cendrawasih Yang Menarik Untuk Diketahui

Siapa tak tahu burung Cendrawasih? burung yang indah ini menjadi ikon utama provinsi Papua. Ada beberapa fakta fakta menarik mengenai burung Cendrawasih. Ini dia selengkapnya tentang burung cendrawasih yang dikutip dari Faunanesia.

Apa Itu Burung Cendrawasih?

Burung Cendrawasih adalah burung anggota famili Paradisaeidae  ordo Passeriformes.  Ukuran burung Cendrawasih beragam tergantung spesiesnya. Misalnya burung cendrawasih dari spesies

King bird of paradise, ukurannya 15 cm. Dan ada yang berukuran besar 110 cm dari spesies black  Black Sicklebill.

1. Burung Cendrawasih terdiri 14 genus dan 43 Spesies.

Burung ini terdiri atas 14 genus dan 43 spesies. spesies burung Cendrawasih paling terkenal adalah cendrawasih Paradisaea Apoda (cendrawasih kuning besar) dari ordo genus paradisaea.

2. Karakteristik Burung Cendrawasih

Burung cendrawasih punya karakter utama yaitu warna bulu cerah dan indah, seperti merah, hijau, biru dan kuning. Nama Burung cendrawasih sendiri biasanya dinamai sesuai warnanya. Misalnya cendrawasih merah, cendrawasih kuning kecil,  kuning besar dan banyak lagi.

3. Sempat Dijual Belikan

Burung cendrawasih sempat diperjual belikan. Burung ini juga pernah dijadikan hadiah bagi para raja raja

Eropa tahun 1522. Bulu burung merak yang indah juga jadi barang dagang pada abad 19 dan 20 untuk hiasan topi wanita eropa yang waktu itu sedang tren.

4. Habitat Burung Cendrawasih

Burung ini cuma dapat ditemukan di Indonesia wilayah Timur. Yakni Papua, Selat Flores, bagian timur Australia dan Papua Nugini.

Dari 41 spesies Cendrawasih di tanah air, 37 diantaranya hidup di Papua. Habitat asli burung merak di hutan lebat dataran rendah.

4. Burung Cendrawasih Populer di Negara Barat karena acara TV yang dibawakan oleh David Attenborough, penyiar sekaligus pecinta alam.

Ketika itu, Attenborough menampilkan cuplikan kehidupan Cendrawasih yang sedang makan dan kawin. Video cendrawasih ini dia ambil sendiri saat dirinya dalam perjalanan pulang di Papua Nugini.

5. Punya Ritual Kawin Unik

Burung cendrawasih punya ritual kawin yang terbilang unik. Burung cendrawasih jantan misalnya, melakukan tarian dan memamerkan bulu indahnya kepada Cendrawasih betina.

Keindahan bulu Cendrawasih jantan makin terlihat saat mereka menari untuk betina. Sebelum melakukan tarian, burung cendrawasih jantan nampak membersihkan paruh dan lingkungan sekitar sarang yang merupakan tempat mereka melakukan tarian.

6. Termasuk Satwa yang Dilindungi

Burung Cendrawasih termasuk satwa dilindungi Pemerintah Indonesia. lewat UU No. 5 Tahun 1990 dan PP No. 7 tahun 1999. sebab kerap jadi sasaran perburuan liar karena keindahanya. Belum lagi masalah kerusakan hutan mengancam kehidupan cendrawasih.

7. Cara Mengamati Burung Cendrawasih

Meski termasuk burung dilindungi. Masih tetap bisa mengamati indahnya burung cendrawasih di alam liar. Seperti di beberapa wilayah wisata Papua. Yakni wilayah merauke, wamena, jayawijaya, Mamberamo.

Cara mengamati burung Cendrawasih saat berada di beberapa wilayah tersebut yakni memakai parfum atau sebelumnya mandi. Sebab burung cendrawasih penciumanya tajam. Pendengaran mereka juga tajam.

Saat berada di habitat mereka, sebaiknya gunakan pakaian gelap dan sembunyi dibalik semak supaya burung Cendrawasih tak melihat. Jadi tak merasa terganggu.

Nah itulah tadi beberapa fakta burung Cendrawasih yang terbilang unik. Selain punya bulu bulu indah berwarna warni, burung cendrawasih punya hal menarik lainnya seperti dapat melakukan semacam ritual tarian kawin yang unik saat hendak kawin. Dan beruntungnya burung ini menjadi ion di Indonesia khususnya Papua. Maka harus dilestarikan mengingat kerap jadi sasaran perburuan liar.