Cerita Legenda yang Menjadi Asal Usul Kota Jombang

Jombang yang juga dikenal sebagai kota santri ini mempunyai sejarah yang tak banyak orang tahu. Cerita legenda yang menjadi latar belakang asal usul Kota Jombang menjadi salah satu cerita yang melekat pada masyarakatnya. Berasal dari nama warna ijo dan abang, Berikut sedikit kisah tentang nama Kota Jombang.

Legenda Asal Kota Jombang

Alkisah jaman dahulu terdapat seorang anak yang dikutuk oleh orangtuanya. Anak bernama Kebo Kicak ini kemudian dikutuk oleh kedua orang tuanya hingga kepalanya berubah menjadi kerbau. Setelah mengetahui kesalahannya, Kebo Kicak berkelana dan menemui seorang guru untuknya belajar.

Setelah berguru kepada seorang kiai, Kebo Kicak kemudian berubah menjadi orang yang sakti dan juga soleh. Di daerah kadipaten yang nantinya akan di sebut Jombang, dikisahkan ada seorang perampok yang jahat bernama Surontanu. Bahkan sang adipati, yang merupakan ayahanda Kebo Kicak pun kesulitan dalam menumpas Surontanu.

Tak lama berselang, terdengar kabar bahwa terjadi huru hara di rumah Adipati. Kabar yang terdengar hingga telinga Kebo Kicak ini kemudian menggerakkan hatinya untuk kembali dan menolong orang tuanya. Tetapi sayang, Kebo Kicak tiba terlambat dan mendapati kedua orang tuanya sudah tewas.

Kebo Kicak yang terbakar kemudian mencari Surontanu dan kemudian berduel dengannya. Konon katanya, ketika dua pendekar sakti tersebut bertarung, keluar cahaya yang berwarna Hijau (Ijo) dan Merah (Abang). Sehingga wilayah tempat pertarungan kedua pendekar ini diberi nama Jombang berasal dari singkatan Ijo dan Abang yang merupakan Asal Usul Kota Jombang.