Cara Tanam Jamur Tiram Bagi Pemula di Rumah, Dijamin Anda Bakal Mendapat Banyak Untung

Sudah menjadi rahasia umum jika jamur tiram digunakan sebagai salah satu tanaman yang aman untuk dikonsumsi. Jamur yang satu ini mempunyai wakra yang putih bersih, serta memiliki tekstur kenyal jika di masak. Selain banyaknya minat masyarakat, hal ini juga di imbangi dengan proses penanamannya yang pas. Lalu bagaimana cara tanam jamur tiram dengan mudah? Berikut ulasannya.

Cara Menanam Jamur Tiram Bagi Pemula di Rumah

  1. Menyiapkan Rak Jamur Tiram

Asal anda tahu, proses budidaya jamur yang satu ini berbeda dengan tanaman lainnya. untuk jamur tiram nantinya akan di tata secara berjajar dalam sebuah rak besar. Sehingga dalam proses tahap penanaman jamur ini anda juga harus menyiapkan raknya terlebih dahulu. Umumnya untuk rak ini mempunyai jarak kurang lebih sekitar 75 c, dan tinggi maksimal sekitar 3 m.

  1. Siapkan Baglog Jamur Tiram

Dalam menanam jamur tiram, bagian yang tidak boleh ketinggalan adalah bag log atau media tanam. Untuk media tanam jamur tiram ini memiliki bentuk silinder dimana untuk salah satu ujungnya akan diberi lubang. Biasanya bagian lubang ini akan digunakan untuk tumbuh kembang dari jamur tiram sebelum pada akhirnya di panen.

  1. Penanaman

Cara yang terakhir yaitu proses penanaman. Proses ini dilakukan dengan menyiapkan bag log yang sudah diberikan bibit lalu tutup memakai kapas. Kemudian tambahkan 3 sendok bibit dalam satu log. Untuk komposisi ruangan dalam media tersebut jika menggunakan alkohol sekitar 95 persen. Jika sudah, baglog yang sudah di tanam bibit tersebut ditempatkan pada rak yang sudah disediakan.