5 Cara Ngecas HP Baru Agar Baterainya Awet dan Tidak Mudah Soak

 

Baterai memang menjadi salah satu komponen yang penting bagi sebuah smartphone. Oleh karena itu, cara pengisiannya pun perlu diperhatikan agar komponen vital tersebut tidak cepat rusak. Bagi anda yang baru saja membeli smartphone anyar, berikut cara ngecas HP baru agar baterainya awet yang bisa diterapkan.

Cara Pengisian Baterai untuk HP Baru

  1. Cas Selama 4 Sampai 5 Jam

Dilansir dari situs teknologi Leskompi, smartphone yang baru dibeli biasanya dianjurkan untuk dicas terlebih dahulu kurang lebih selama  4 sampai 5 jam. Tujuan dari pengisian baterai di awal ini, adalah agar kinerja baterai gawai menjadi lebih optimal nantinya ketika digunakan untuk berbagai hal.

Maka dari itu, sebelum anda menggunakan HP maka sebaiknya dicas terlebih dahulu tepat setelah membuka segelnya. Cara ini berlaku untuk smartphone yang anda beli baru dari toko, yang benar benar baru dibuka segelnya. Jika membeli gawai dari tangan kedua atau produk second, tidak perlu menunggu sampai 4 sampai 5 jam, bisa langsung dicas biasa.

  1. Cas Ketika Indikator Baterai Rendah

Mungkin cara pertama bisa anda terapkan untuk produk HP keluaran lama yang baru anda beli. Namun teknologi baterai untuk berbagai produk smartphone terbaru saat ini sudah sedemikian maju, sehingga anda tidak perlu langsung ngecas HP selama 4 sampai 5 jam terlebih dahulu ketika baru membelinya.

Rata rata indikator baterai smartphone keluaran terbaru memiliki baterai dengan kisaran 35 sampai 60 persen ketika pertama kali dibeli. Produsen sengaja melakukannya karena pada presentasi tersebut, baterai sedang berjalan dalam keadaan optimal. Maka dari itu, anda bisa menggunakan HP yang baru dibeli sampai indikator menunjukkan kisaran 10 sampai 15 persen baru dicas.

  1. Ngecas dalam Keadaan Smartphone Dimatikan

Cara ngecas HP baru agar baterainya awet selanjutnya yaitu dengan melakukan pengisian daya dalam keadaan mati. Karena dalam kondisi mati, maka semua fungsi yang ada pada smartphone anda tidak akan aktif. Sehingga aktivitas baterai pun akan berhenti bekerja dalam kondisi tersebut.

Jadi dalam kondisi mati, maka akan memberikan kesempatan bagi baterai untuk melakukan pengisian daya secara optimal. Terlebih untuk gawai baru, ini sangat penting diterapkan. Tindakan ini bisa menjaga sel sel baterai agar nantinya bekerja secara maksimal, sehingga membantu membuat baterai menjadi lebih awet.

  1. Jangan Cas Menggunakan Port USB

Meskipun tengah berada dalam posisi tidak menemukan stop kontak di jangkauan anda, namun anda sebaiknya tidak melakukan pengisian daya menggunakan port USB, terlebih untuk smartphone yang baru saja dibeli. Sebab mengisi daya baterai dengan port USB di laptop memang tidak dianjurkan.

Pasalnya arus listrik yang dikeluarkan port USB laptop tentunya tidak sebanding dengan charger yang langsung anda hubungkan pada stop kontak. Apalagi arus listrik yang tidak sekuat stop kontak bisa membuat baterai gawai menjadi lebih lama terisi. Hal ini bia membuat baterai menjadi lebih mudah soak.

  1. Lepaskan Case HP Ketika Ngecas

Biasanya banyak orang yang membeli HP baru sekaligus membeli case-nya untuk melindungi HP dari risiko jatuh atau benturan. Case memang penting untuk melindungi gawai anda, tapi sebaiknya dilepas terlebih dahulu saat pengisian daya. Karena hawa panas akan keluar dari perangkat saat baterai diisi. Namun case tersebut bisa menghambat pembuangan panas jika terus dipasang saat pengisian.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan dalam mengisi daya baterai perangkat saat baru pertama kali beli. Berbagai cara ini bisa diterapkan pada berbagai jenis HP, mulai dari Samsung, OPPO, Xiaomi, Vivo, maupun berbagai brand lainnya. Apalagi saat ini setiap produsen sudah membekali produk mereka dengan teknologi yang fleksibel, sehingga anda hanya tinggal isi daya saja.