Bagaimana Cara Menjernihkan Air Sumur? Simak Selengkapnya Hanya di Sini

Membuat sumur sendiri di rumah memang membutuhkan banyak sekali biaya, tapi kini kebanyakan memilih metode tersebut karena lebih menguntungkan. Namun, air sumur yang keruh kerap jadi masalah lainnya. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara menjernihkan air sumur sehingga kamu bisa menggunakannya dengan mudah. Untuk penjelasan selengkapnya, simak pembahasan di bawah ini:

Penyebab Air Sumur Keruh

Sebelum kita masuk ke pembahasan utama, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui salah satunya adalah penyebab air sumur bisa keruh. Lebih rincinya, simak daftarnya di bawah ini:

  1. Pertama, air sumur bisa menjadi keruh karena galian sumurnya kurang dalam. Seharusnya jika pipanya pas di bagian air maka air yang dihasilkan akan jernih. Jika pipanya tidak pas di air maka lumpur atau tanah yang berada di lapisan atas air itu akan ikut terangkat ke atas.

  2. Tak hanya itu saja, kondisi geologis dan juga struktur tanah yang kurang baik juga menjadi pemicu air sumur menjadi keruh bahkan terlihat sangat kotor. Hal ini biasanya dialami karena kurangnya perhitungan kondisi tanah atau pemaksaan. Banyak pengembang perumahan yang memaksakan kondisi tanah yang seharusnya tidak dipasangi sumur akhirnya kondisi airnya menjadi keruh.

  3. Selanjutnya adalah karena hujan yang sangat deras dan terjadi secara terus menerus. Hal ini biasanya memiliki dampak keruhnya air karena tekstur tanah yang sebelumnya padat menjadi lebih lembek. Akhirnya tanah di sekitar sumur menjadi berlumpur dan masuk ke dalam sumber air.

  4. Berikutnya adalah karena adanya kebocoran pada pipa penyalur air sehingga airnya menjadi keruh karena kemasukan tanah dan kotoran lain.

  5. Bisa jadi juga karena pipa berlumut sehingga menyebabkan air penuh dengan lumut.

  6. Air tanah yang keruh juga bisa disebabkan oleh kandungan mangan dan besi yang terlalu tinggi. Hal ini biasa terjadi pada sumur bor biasa.

  7. Terakhir, air yang keruh bisa disebabkan oleh tempat penggaliannya yang dekat dengan pembuangan sampah atau kotoran sehingga menjadi keruh ditambah berbau tidak sedap.

Itulah dia beberapa penyebab dari keruhnya air sumur. Menurut kamu kasus manakah yang saat ini terjadi kepada air sumur kamu?

Akibat yang Ditimbulkan Karena Air Sumur yang Keruh

Perlu diketahui bahwa keruhnya air sumur itu banyak penyebabnya, oleh karena itu mungkin akibat yang dimunculkannya pun juga berbeda-beda. Misalnya saja jika air keruh disebabkan oleh besi dan mangan maka akan menyebabkan noda pada pakaian, menimbulkan bau dan rasa yang tak sedap untuk minum, dan menyebabkan masalah perpipaan.

Pipa bisa tersumbat karena tumbuh mikroorganisme seperti clomotix atau crenithrix. Perlu diketahui bahwa untuk dosis besi dan mangan untuk air minum adalah 0,3 mgr./l untuk besi dan hanya 0,05 ml mangan. Jadi, jika berlebihan bisa menyebabkan masalah pada tubuh.

Cara Menjernihkan Air Sumur

Setelah mengetahui apa saja penyebab air sumur itu bisa menjadi keruh maka selanjutnya kita akan membahas mengenai cara menjernihkan air sumur yang keruh. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan mulai dari yang alami hingga yang menggunakan senyawa kimia tertentu. Ada yang menggunakan cara tradisional hingga yang paling modern, yaitu:

1. Menggunakan Tawas

Cara menjernihkan air yang pertama adalah dengan menggunakan bahan alami berupa tawas. Tawas merupakan salah satu kelompok garam yang bisa dengan mudah larut dalam air. Tawas menjadi solusi yang sangat efektif untuk kamu yang ingin menjernihkan air karena ia bisa mengendapkan kotoran di air.

Untuk penggunaannya sangat gampang karena bisa larut dalam air dengan mudah. Tawas sendiri harganya juga murah dan bisa ditemukan di mana saja. Caranya juga sangat mudah untuk diaplikasikan ke air, yaitu:

  1. Siapkan air sumur yang akan kamu jernihkan. Tampung menggunakan baka atau ember sesuai selera.

  2. Sembari menunggu air penuh di wadah, kamu bisa menghaluskan tawas terlebih dahulu.

  3. Kemudian setelah air sudah penuh, kamu tinggal menuangkan tawas tersebut ke dalam bak.

  4. Aduk-aduk hingga tawas tercampur rata.

  5. Tunggu beberapa saat dan air akan berubah menjadi bening. Jika ada endapan kotoran, kamu bisa mengeluarkannya dengan menggunakan selang.

Untuk dosisnya, kamu bisa menyesuaikan dengan jumlah airnya. Untuk 1 m3 biasanya memerlukan 150 gram tawas. Itu tadi untuk air yang ditampung dalam bak, jika kamu ingin menjernihkan seluruh air di sumur maka bisa dengan memulainya dengan 1 kg tawas. Jika kurang, bisa ditambahkan kembali hingga air menjadi jernih.

2. Menggunakan Kaporit

Selanjutnya, kamu bisa juga menggunakan bahan kimia tertentu yaitu kaporit. Bahan kimia yang satu ini memiliki kelebihan di mana bisa dengan cepat menjernihkan air. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan air di dalam tandon atau bisa juga di bak atau ember sesuai dengan kebutuhan.

  2. Masukkan kaporit ke dalamnya

  3. Aduk hingga rata dan tunggu beberapa saat

  4. Nantinya air akan menjadi jernih dan bisa digunakan untuk berbagai hal.

Aturan menggunakan kaporit ini harus benar-benar hati-hati karena ini termasuk bahan kimia yang keras. Untuk dosisnya sendiri dianjurkan untuk memakai seminimal mungkin. Umumnya, untuk menjernihkan air 1.000 liter hanya dibutuhkan 1 sendok makan kaporit saja.

Bahkan, agar tidak berefek buruk terhadap kesehatan, kaporit sebaiknya dicampur dengan bahan lain seperti kapur gamping dan juga tawas. Keduanya ini memiliki efek yang sama namun lebih ringan dibandingkan kaporit.

Dengan kombinasi ini, maka air tidak akan terlalu bahaya jika digunakan untuk berbagai hal. Baunya pun jadi tidak begitu menyengat.

3. Menggunakan Filter Manual

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan filter manual. Filter ini dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alami sebagai penyaring air yang keruh. Filter manual ini bisa dibuat sendiri di rumah oleh siapa saja dengan mudah. Untuk cara selengkapnya simak di bawah ini:

  1. Pertama, siapkan botol bekas untuk menyaring air dengan volume kecil. Gunakan ember, bak, atau tandon besar untuk menyaring dalam jumlah yang besar.

  2. Pastikan wadah memiliki 2 lubang di mana yang atas untuk mengalirkan air dan yang bawah untuk mengeluarkan air.

  3. Masukkan spons di bagian yang paling bawah wadah

  4. Kemudian, masukkan ijuk dengan perbandingan yang sama.

  5. Masukkan arang sama banyak

  6. Masukkan sabut kelapa

  7. Berikan kerikil yang sudah dibersihkan

  8. Kemudian, padang wadah di bawah wadah untuk menampung air bersih.

  9. Setelah itu, masukkan air keruh dari atas untuk mencobanya bisa gunakan sedikit dulu

  10. Selanjutnya bisa digunakan dengan volume yang lebih banyak

Cara manual ini tergolong cara alami yang mudah dilakukan dan mudah untuk dibuat. Kamu bisa mendapatkan bahan-bahan di atas dari sekitar khususnya kamu yang bertempat tinggal di desa.

4. Menggunakan Filter Otomatis

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan filter air otomatis ini dibuat memang sebagai penjernih air sumur. Filter ini akan bekerja secara otomatis setelah dipasang. Filter air otomatis ini dipasang antara air sumur ke tandon.

Sebenarnya tak jauh berbeda dengan filter air manual akan tetapi ini dibuat dengan teknologi yang lebih canggih. Kuman, bakteri, jamur, dan mikroorganisme berbahaya lainnya bisa tersaring sehingga air bisa langsung diminum tanpa harus dimasak.

Filter air ini juga berbeda-beda, ada yang menggunakan bahan keramik, karbon, dan lain sebagainya. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Selain itu, filter otomatis ini juga perlu perawatan yang khusus.

Perlu adanya penggantian filter secara berkala. Tenang saja, penggantiannya tak sering sehingga tak akan membuat kantong kering. Tetapi, dengan hasil terbaik dan tidak menyebabkan penyakit maka harga yang lebih mahal tak menjadi masalah besar.

Filter ini memiliki bentuk yang ekonomis sehingga tak merusak pemandangan rumah Anda. Desainnya yang minimalis dan aman dari udara dan cahaya matahari membuat kualitas air yang dihasilkan lebih maksimal.

5. Mengganti Pipa Air Agar Lebih Bersih

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa penyebab air sumur menjadi kotor itu salah satunya adalah karena pipa yang kotor. Kotornya pipa ini bisa dikarenakan lumut atau endapan tanah yang masuk saat pipa sedang rusak. Tentu jika masalahnya adalah ini, solusinya tinggal menggantinya.

Kamu bisa membeli pipa lain di toko material dan menggantinya. Pastikan pipa memiliki struktur yang kokoh dan tidak mudah rusak. Pastikan sambungan pipa juga baik dan tidak bocor sehingga menjadi pintu masuk tanah atau kotoran lain.

Selain mengganti pipa, jika kotorannya dalam jumlah yang sedikit kamu bisa membuka kran selama mungkin untuk menguras pipa. Namun, hal ini sangat tidak dianjurkan karena bisa membuat pemborosan air.

Oleh karena itu, mengganti pipa yang lebih bersih dan lebih bagus merupakan jalan terbaik. Sebab, di samping air yang dihasilkan keruh, lumut dan tanah yang mengendap terlalu lama di dalam pipa akan membuat aliran macet

6. Mengendapkan Air pada Penampungan

Jika air yang kamu miliki dari sumur itu hanya kotor karena terkontaminasi tanah maka bisa diendapkan di penampungan biasa. Ya, kamu tinggal membuka kran dan menampungnya di bak mandi. Setelah itu, tunggu sebentar hingga tanah yang tercampur itu turun dan mengendap.

Setelah itu, jika air sudah mulai bening tinggal dipindahkan secara hati-hati menggunakan gayung ke tempat yang lain. Cara yang satu ini tergolong mudah tetapi memerlukan waktu yang sangat lama. Oleh karena itu, sebaiknya kamu sabar untuk melakukannya.

Selain lama, kemungkinan kontaminasi kuman dan bakterinya masih cukup banyak sehingga terlalu bahaya jika diminum langsung. Namun, jika diminumnya melewati pemasakan terlebih dahulu maka airnya akan tetap aman untuk diminum. Dan, Jika menurut kamu cara ini terlalu lama, kamu bisa menggunakan cara-cara di atas.

Itu dia beberapa cara menjernihkan air sumur yang keruh beserta dengan penjelasan lain seperti sebab dan akibat air keruh. Air yang keruh sering kali terjadi di kota-kota besar karena lahan yang semakin sempit, oleh karena itu banyak penyedia filter air sumur. Kamu bisa mengandalkannya untuk mendapatkan air yang jernih dan sehat.