Cara Menghemat Kuota Internet Termudah

Cara menghemat kuota internet ini tentunya perlu untuk diketahui bagi kita semua. Terlebih lagi jika tidak menggunakan Wifi, namun pemakaian internet terus meningkat.

Untuk itulah cara menghemat kuota internet ini perlu dilakukan, agar kuota internet yang kita miliki tidak cepat habis.

Cara Menghemat Kuota

Dibawah ini adalah cara untuk menghemat kuota internet yang bisa kamu coba di rumah.

1. Batasi Update Aplikasi

Langkah pertama kamu bisa mencoba untuk membatasi update aplikasi. Kamu bisa melakukan penghematan kuota internet dengan cara membatasi update aplikasi hanya dilakukan saat terhubung dengan wifi.

Karena tanpa kamu sadari, ternyata pembaharuan pada aplikasi akan otomatis memotong kuota internet yang kamu miliki.

Tentunya saat kamu memiliki hanya 1 aplikasi saja yang melakukan update maka itu tak jadi masalah. Namun bagaimana jika kita memiliki banyak aplikasi di smartphone yang perlu dilakukan update pada waktu bersamaan.

Pastinya hal itu akan menyulitkan. Untuk itulah kamu juga bisa mencoba untuk melakukan perubahan update dengan cara settingan Wifi only.

2. Batasi Penggunaan Data Background

Ternyata penggunaan data background ini juga akan bisa membuat kuota internet kamu menjadi boros. Dan ini banyak yang tak menyadarinya.

Untuk itu kamu juga bisa melakukan penghematan kuota dengn cara mematikan penggunaan data pada background yang terdapat di menu settings.

Langkah-langkahnya yaitu :

  • Pertama klik settings

  • Selanjutnya pilih Data Usage

  • Kemudian tap tiga garis vertikal yang ada di kanan atas

  • Berikutnya pilih Restrict Background Data

  • Lalu klik OK

3. Identifikasi Aplikasi

Kamu juga bisa melakukan penghematan kuota internet dengan cara melakukan identifikasi yang ada di aplikasi yang banyak menyedot kuota. Jadi dengan cara ini maka kamu juga bisa tahu aplikasi mana saja yang banyak menyedot kuota.

Karena seperti yang kita tahu bahwa ada beberapa aplikasi yang banyak menyedot kuota internet. Misalnya Instagram yang lebih banyak membutuhkan kuota internet dibandingkan dengan Twitter.

Untuk mengetahui penggunaan kuota internet pada aplikasi tersebut maka kamu bisa membuka settings lalu melihat Data usage. Setelah itu lakukan scroll ke bawah. Lalu kamu bisa temukan aplikasi yang banyak memakan kuota internet.

Agar kuota internet yang kamu gunakan menjadi lebih hemat maka kamu bisa melakukan uninstall pada aplikasi yang banyak membutuhkan kuota saat tidak menggunakan Wifi.

4. Jangan Terlalu Sering Streaming

Seperti yang kita tahu bahwa melakukan streaming musik ataupun video maka akan banyak memakan kuota internet yang kamu miliki.

Untuk itulah kamu juga bisa untuk mengurangi aktivitas tersebut saat kamu hanya menggunakan mobile data ataupun kuota internet.

Untuk itu kamu juga bisa menggantinya dengan melakukan pengunduhan video, musik saat terhubung dengan wifi.

Dan cara lainnya kamu juga bisa melakukan streaming dengan memakai kuota internet akan tetapi dengan menurunkan kualitas stream ke tingkat yang lebih rendah. Ini dilakukan agar kuota internet mu menjadi lebih hemat.

5. Hindari Unduh Media Otomatis

Di dalam aplikasi perpesanan, kemungkinan kita juga sering mendapatkan kiriman media baik yang berupa video maupun gambar.

Nah untuk menghemat kuota internet maka kamu bisa mengubah setting unduh media secara otomatis menjadi no media.

Kamu juga bisa memilih media yang perlu kamu unduh, bukan hanya untuk menghemat kuota internet namun juga penggunaan memorimu akan jadi lebih hemat.

Itu dia cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat kuota internet yang paling ampuh. Untuk update dan cara menghemat kuota internet semua operator lainnya bisa cek di website kamusnetizen.com.