Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error Berdasarkan Penyebabnya

Error pada keyboard sering terjadi. Untungnya, permasalahan seperti masih dapat ditangani. Lantas, tahukah Anda bagaimana cara mengatasi keyboard laptop error?

Sebelum melakukan perbaikan, temukan hal yang memicu error tersebut. Dari pengecekan ini, Anda dapat mengambil keputusan yang tepat.

Di sini, Kami akan menunjukkan sejumlah kondisi yang memicu error pada keyboard laptop. Tentunya, Kami juga menawarkan solusinya. Jadi, mari luangkan waktu untuk menemukan jawabannya di bawah ini.

Keyboard Penuh Debu

Posisi keyboard sendiri berada di luar. Sering kontak dengan benda asing yang beterbangan di suatu area.

Debu atau remahan makanan termasuk benda yang paling sering mengotori keyboard. Debu ini biasanya tidak langsung menimbulkan masalah.

Masanya cukup panjang. Biasanya, masalahnya akan terjadi ketika sudah menumpuk selama beberapa minggu.

Penumpukan debu di permukaan tombol tentunya tidak menyebabkan error. Tetapi bila sudah masuk ke sela-sela tombol, Anda akan mengalami ketidaknyamanan dalam mengoperasikan laptop.

Sebagian tombol bisa saja tidak berfungsi. Bahkan, pengguna perlu menekannya dengan keras hanya untuk memunculkan karakter yang ditekan.

Jika ini yang menjadi kendala utamanya, cara mengatasi keyboard laptop error ini jauh lebih mudah. Anda hanya perlu mengeluarkan debu/kotoran yang menumpuk di sela-sela keyboard.

Karet pada Tombol Keyboard Rusak

Sebagian kasus menjelaskan bahwa karet keyboard pun menyumbang permasalahan pada erornya keyboard. Ini ditandai dengan tidak berfungsinya tombol ketika ditekan.

Kalaupun berfungsi, pengguna perlu menekannya dengan cukup keras. Padahal, penekanan seperti seharusnya tidak dilakukan. Tujuannya supaya tidak mempengaruhi pada komponen lain yang berada di bawahnya.

Kerusakan pada karet ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya ialah panas berlebihan.

Panas berlebihan didapatkan lantaran pengguna mengoperasikan perangkat terlalu lama. Dan pengguna tidak pernah mengistirahatkannya sama sekali.

Kebiasaan ini berlangsung cukup lama. Pada akhirnya, karetnya akan menipis atau pun getas sehingga mengakibatkannya error.

Jenis kerusakan ini hanya bisa ditangani dengan mengganti karetnya. Praktiknya, Anda perlu mencopot/melepas tombol.

Ketika melepasnya, usahakan untuk lebih berhati-hati. Jangan mengeluarkannya secara paksa. Karena, kesalahan kecil dalam pelepasan komponen ini bisa membuat komponen kelistrikan dalam laptop putus.

Langkah amannya tentu dengan membawa laptop ke tukang service. Tentu saja, cara mengatasi keyboard laptop error ini sangat disarankan oleh NeoTekno. Dengan catatan, Anda memang sangat awam dan kurang memahami bagaimana cara melepaskannya.

Konektor Renggang/Putus

Namanya juga perangkat elektronik. Segala kemungkinan tentang kerusakan pasti terjadi. Hanya saja, waktunya yang berbeda.

Jika berhubungan dengan keyboard, error pada komponen ini bisa disebabkan oleh terputusnya kabel penghubung motherboard dengan keyboard.

Terputusnya konektor ini tentu tidak akan mampu membuat keyboard dapat berfungsi. Bahkan bila Anda menekan seluruh tombolnya.

Untuk memastikannya, Anda memang perlu melakukan pembongkaran. Pembongkaran ini harusnya dilakukan dengan hati-hati.

Lepaskan beberapa komponen dalam laptop. Kemudian, periksalah konektor yang menghubungkan keyboard dengan motherboard.

Apabila didapati masalahnya berasal dari sini, Anda bisa langsung memperbaikinya. Contohnya bila hanya sekedar renggang, cukup kencangkan lagi.

Berbeda jika konektornya putus. Anda seharusnya melakukan pergantian komponen. Dan ini tentunya memakan biaya cukup besar.

Untuk memastikan kerusakan tersebut, cobalah untuk menggunakan keyboard lain dan pasang pada motherboard. Jika keyboard lain memang bekerja, praktis permasalahannya berasal dari putusnya konektor.

Itulah cara mengatasi keyboard laptop error yang bersumber pada jenis penyebabnya. Jika kerusakan ini berkaitan dengan komponen dalam dan Anda sangat awam, solusinya ialah membawa laptop ke tukang service.