Step by Step dan Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube

YouTube adalah platfom milik Google yang digunakan oleh lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia setiap hari dan menurut statistik terbaru, pendapatan iklan YouTube pada tahun 2019 mencapai 15 miliar USD. Kami yakin bahwa Anda juga adalah salah satu dari lebih dari satu miliar orang yang menonton video di YouTube setiap hari.

Jadi tahukah Anda bahwa saat menonton video Anda akan sering melihat iklan. Tentu saja, sejumlah besar Brand yang membayar iklan tersebut ditransfer ke akun Google pengguna Youtube. Karena Youtube tidak memiliki konten di sendiri, tetapi konten di Youtube diunggah oleh pembuat video dan mereka berbagi pendapatan dari iklan ini.

Jika Anda mempelajari cara mendapatkan uang dari youtube, silakan simak artikel dikutip dari situs teknologi bukkol di bawah ini tentang langkah mudah menghasilkan uang di Youtube.

Langkah 1: Siapkan Channel YouTube Anda

Jika Anda sudah memiliki akun Google atau Gmail, kamu bisa gunakan untuk masuk ke YouTube. Jika Anda belum memiliki akun Google/Gmail, mulailah dengan membuat akun Google dan masuk ke YouTube.

Setelah Anda masuk, klik tombol "Unggah" di kanan atas layar dan Anda akan mendapatkan perintah untuk membuat channel. Klik Buat Saluran untuk menyelesaikan pembuatan channel Youtube.

Langkah 2: Buat rencana video Anda

Sekarang Anda perlu membuat beberapa keputusan tentang video yang akan Anda unggah. Jika Anda benar-benar ingin memiliki banyak penonton dan subsciber ke channel Youtube Anda, maka tujuan pertama yang perlu Anda bangun adalah bagaimana membuat video yang berkualitas baik dan siapa yang ingin Anda targetkan untuk menonton video yang Anda buat?

Langkah 3: Aktifkan monetisasi

Sekarang klik ikon Akun di sudut kanan atas layar dan kemudian klik tombol Creator Studio.

Pada menu di sisi kiri layar, kita akan melihat bagian Monetisasi. Namun, untuk mengaktifkan mode monetisasi, tidak semua channel baru bisa melakukan Monetisasi. Anda harus mencapai setidaknya 1000 subscriber dan video telah ditonton lebih dari 4000 jam.

Jadi jangan berpikir tentang menghasilkan uang terlebih dahulu. Tetapi Anda harus fokus membuat video untuk channel Youtube agar memiliki banyak subscriber dan banyak pengguna youtube yang  menonton videonya.

Langkah 4: Mendaftar Google AdSense

Ada beberapa cara untuk memonetisasi saluran Anda. Jika akun Anda telah disetujui untuk Program Mitra YouTube dan mematuhi kebijakan Program Mitra YouTube, Anda dapat menjelajahi opsi monetisasi ini. Pertimbangkan aliran pendapatan mana yang terbaik untuk saluran Anda berdasarkan konten, pemirsa, dan minat Anda.

Setelah Anda mengaktifkan monetisasi, mengeklik pilihan Monetisasi akan membawa Anda ke halaman tempat Anda dapat memulai proses penyiapan akun Google AdSense atau menghubungkan akun yang sudah Anda miliki dengan channel youtube Anda.

Langkah 5: Mulai unduh video yang menarik dengan rutin

Sekarang hal-hal dasar untuk menjadi youtuber telah Anda pahami dan Anda telah mencapai bagian yang sulit. Yaitu Buat video yang telah Anda rencanakan dan unggah rutin.

Agar pengguna melihat video Anda, Anda harus berinvestasi dalam video Anda, tidak ada yang mau menonton video yang membosankan. Jadi, luangkan waktu untuk memastikan video Anda mendidik, menghibur, atau unik sehingga penonton youtube bisa tertarik melihat video channel youtube yang Anda miliki.

Langkah 6: Promosikan video Anda

Bahkan jika video Youtube Anda buat sudah bagus, orang tidak akan datang secara alami untuk menemukan video Youtube Anda. Anda harus mempelajari cara terbaik untuk mengoptimalkan video YouTube agar orang dapat menemukan video Anda di kotak pencarian Youtube dengan mudah.

Cara terbaik untuk mendatangkan pentonton adalah dengan membagikan video Anda di media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dll. Jika Anda bekerja keras, jumlah 1000 subcriber dan 4000 jam tayang hanyalah angka kecil, sangat mudah untuk dicapai agar channel youtube bisa dimonentasi.

Itulah langkah dan cara mendapatkan uang dari youtube untuk pemula, semoga bermanfaat untuk kamu yang ingin mulai mencari penghasilan dari Youtube.