Peluang Cuan Berlimpah, Yuk Cek Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook Berikut

Di tengah ramainya sosial media, sudah tidak heran jika banyak peluang bisnis yang muncul karenanya. Anggap saja salah satu platform media sosial Facebook yang semakin pamor dengan fitur yang lebih menarik. Ada banyak cara mendapatkan uang dari Facebook baik itu dari berdagang, monetasi, menjadi influencer, dll. Seperti apa caranya? Berikut ulasannya.

Beberapa Cara Mendapat Cuan Dari Facebook

  1. Menjadi Influencer

Istilah influencer sepertinya sudah menjadi salah satu hal wajar di dunia generasi milenial. Terutama mengingat bagaimana pamor berbagai sosial media mendukung para individu kreatif di luar sana. Nama dan profesi influencer sendiri mulai terdengar dengan merebaknya popularitas pengguna media sosial seperti Youtube, Instagram, dan Facebook.

Untuk Anda yang ingin menjadi sosok yang berpengaruh, Influencer bisa dijadikan pilihan. Apakah cara ini akan menghasilkan uang? Tentu saja. Melihat bahwa Facebook adalah platform terbaik untuk para influencer, maka karir ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Anda tidak hanya akan mendapat cuan, namun juga tenar dan nama.

Cara untuk menjadi influencer sendiri sangat beragam. Yang menjadi kunci adalah orisinalitas, kreativitas, dan konsistensi membuat konten. Anda harus rutin melakukan posting konten yang menarik di dalam fanpage atau akun. Dari konten yang menarik, Anda pun akan memiliki peluang menarik audiens.

Semakin tinggi audiens, maka peluang menarik perhatian market, membangun reputasi, dan menjalin kerjasama pun meningkat. Dengan begitu, influencer yang memiliki nama dan reputasi dapat memasang ads, tarif endorsement, sponsor, hingga berjualan. Menariknya, cara ini bisa dilakukan mulai dari nol. Jadi siapapun dapat mencobanya.

  1. Berjualan Online

Sudah tidak asing lagi jika sosial media menjadi target marketing tool atau alat pemasaran para pebisnis. Nilai plus dari berjualan online dari Facebook adalah siapapun mampu turut ikut berjualan. Termasuk Anda yang ingin berjualan produk apapun itu. Namun bagaimana jika Anda tidak memiliki banyak teman atau pengikut di platform ini?

Beruntungnya, Facebook bisa menjadi ladang bisnis yang sangat down-to-earth. Anda bisa masuk ke grup Facebook yang memiliki keterkaitan dengan produk yang ingin dijual. Ada pula grup yang memang berfokus ke forum jual beli. Jadi Anda tidak perlu repot membuka toko fisik untuk berjualan lagi.

Meski ide yang satu ini sangat mudah dilakukan, bukan berarti Anda bebas jual beli tanpa aturan. Setiap grup bahkan platform media sosial ini sendiri memiliki peraturan ketat akan segala aktivitas yang terkait. Pastikan produk yang dijual tidak ada di dalam daftar blacklist agar akun terpercaya dan produk Anda laku.

  1. Memanfaatkan Facebook Fanpage

Facebook memang tidak hanya untuk berkomunikasi dalam lingkup yang terbatas. Ada kalanya para pebisnis profesional di luar sana menggunakan fungsi Fanpage untuk kebutuhan online shopingnya. Jangan kaget jika terdapat banyak perusahaan besar hingga influencer ternama yang memiliki fanpage untuk jual beli.

Nilai plus dari memiliki fanpage muncul dari pembentukan kesan profesional dan terpercaya. Hal ini karena Anda lah yang menjadi bagian dari manajemen halaman tersebut. Jika laman yang dimiliki berjalan dengan baik, maka nilai percaya dan profesionalitas pun akan meningkat tajam. Alhasil angka penjualan pun semakin meningkat.

Jika dicerna lebih dalam, fanpage untuk online shopping memberikan keleluasaan yang lebih luas dari forum atau grup. Anda dapat menjual produk handmade, menjadi reseller, atau bahkan dropship. Tak jarang pula para pengelola atau pemilik yang menyematkan Facebook Ads untuk meningkatkan keuntungan monetisasi.

Cara mendapatkan uang dari Facebook ini tidak berhenti di situ saja. Influencer atau pebisnis online yang mengelola fanpage kerap menjadi kail penarik traffic ke website pribadi. Bagaimana bisa? Para user yang ada di dalam fanpage akan mendapatkan banyak CTA (call to action) yang mempromosikan dan mengarahkan pada website.

Umumnya, cara unik ini dilakukan setelah angka follower fanpage cukup stabil dan aktif. Informasi dan konten yang di posting dari website dibagikan di dalam fanpage. Mereka yang ingin mengetahui lebih banyak harus mendatangi situs rujukan. Dengan cara ini, Anda pun telah membantu memasarkan website di dalam fanpage.

Lantas, bagaimana hal tersebut menghasilkan pundi pundi untung? Anda sudah mendapat untung dari Facebook ads dan monetisasi fanpage. Mendapat traffic ke dalam situs juga memberi untung berlimpah dalam bentuk exposure, brand awareness, dan transaksi lokal. Proses yang berakhir dengan penjualan inilah yang akan menjadi keuntungan berlebih.

  1. Monetisasi Akun Dan Fanpage

Sempat disinggung tentang monetisasi fanpage sebelumnya. Cara mendapat cuan yang satu ini bisa dicoba untuk pengguna Facebook yang telah memenuhi syarat iklan In-stream. Syarat tersebut mencakup minimal 10.000 jumlah pengikut dan jumlah tayang video mencapai 30.000 dalam kurun waktu 60 hari terakhir.

Meski bukan hal yang mudah, namun cara ini kerap dijadikan sumber pemasukan para influencer. Intinya, influencer atau creator akan memanfaatkan fitur iklan In-stream yang mana muncul di setiap konten video yang Anda posting. Iklan ini sendiri adalah video pendek yang muncul memamerkan berbagai produk terkait.

Menariknya monetasi ini dapat digunakan meski untuk berbagai topik. Yang terpenting adalah konten yang dibagikan original, layak, menarik, dan sesuai dengan persyaratan dari Facebook. Yang menjadi tantangan adalah membuat konten menarik yang dapat mencapai batas minimal persyaratan tersebut.

Video yang menarik tidak harus selalu viral atau membahas hal absurd. Anda juga dapat membuat video sesuai dengan topik fanpage yang dijalankan. Seperti contohnya video berbagi resep masakan unik dari pedalaman. Saat engagement meningkat dan konten menjadi populer, maka jumlah monetisasi uang yang didapat pun akan berkembang.

  1. Membuka Jasa Titip

Di masa yang serba online dan malas keluar, rasanya jasa titip sudah tidak lagi dianggap aneh. Bahkan salah satu provider ojol tanah air pun sudah memiliki servis yang sama. Peluang mencari uang ini bisa Anda manfaatkan dengan bantuan platform Facebook. Terutama jika Anda memiliki hobi jalan jalan dan belanja.

Jasa titip menekankan servis memberi bantuan atau tangan kedua untuk membeli barang. Saat Anda menuju suatu lokasi atau akan berbelanja, tawarkan jasa titip pada audience. Mungkin saja ada yang ingin titip membeli suatu produk dari lokasi yang Anda tuju. Selain membantu client untuk mendapatkan barang dambaan, Anda pun dapat menarik untung.

Potensi profit yang diberikan dari jasa ini tidaklah main main. Terutama saat di peak season atau masa Shopping seperti hari raya lebaran. Anda tidak perlu mengeluarkan modal karena biaya beli produk dan ongkos kirim sudah dibayar di muka. Anda pun hanya perlu membeli sesuai pesanan dan mendapatkan cuan dari biaya jasa.

Nilai plus dari ide jasa titip sendiri adalah target. Cara mendapatkan uang dari Facebook ini bisa dilakukan dengan bergabung di dalam grup, forum, atau bahkan melalui fanpage pribadi. Agar meraup untung, Anda pun dapat memasang tarif sekitar 10-15% dari harga asli. Tak jarang pula para penyedia jasa menarik biaya lebih untuk produk yang sulit ditemukan.

  1. Menghubungkan Shopify

Kesan membuat toko online sendiri sepertinya terdengar terlalu sulit untuk dilakukan. Padahal, Anda pun dapat membuka dan membuatnya dengan bantuan platform Shopify. Aplikasi ini memberikan peluang bagi para pebisnis untuk eksis di dunia maya. Kemudian menyebarkan pamor toko dan meraup untung dari toko online pribadi.

Menariknya, Facebook pun sudah memberikan fitur untuk memberikan support pada pemilik akun Shopify. Anda bisa dengan mudah menyambungkan kedua akun Fanpage Facebook ke Shopify untuk meningkatkan traffic dan penjualan. Karena itulah cara ini tidak bisa dilewatkan begitu saja, mengingat bahwa manfaat yang diberikan bukan main.

Beberapa alasan mengapa Anda wajib mempertimbangkan cara mencari cuan ini adalah integrasi yang baik. Facebook messenger adalah jembatan komunikasi antara Anda dan pihak konsumen. Tidak hanya itu, Anda pun mendapatkan integrasi penuh pada perangkat gawai. Dengan demikian proses timbal balik untuk setiap transaksi dapat terjalin dengan baik.

  1. Facebook Ads

Jika Anda ingin meningkatkan exposure toko dan mendapat untung dari Facebook, maka pastikan untuk menggunakan Ads. Facebook Ads atau iklan secara tidak langsung dapat menarik audien untuk datang ke fanpage, akun, grup, forum, atau website jual beli yang dijalankan. Dengan begitu tingkat engagement dan potensi pembelian pun melonjak.

Sayangnya, Facebook Ads tidaklah gratis. Anda perlu mengeluarkan modal paling sedikit di angka 10 ribu. Iklan yang digunakan umumnya akan membantu melakukan penyaringan audiens, memberikan pemasaran yang lebih terarah, dan mengumpulkan leads. Saat produk Anda dikenal masyarakat, mereka pun tidak akan ragu untuk membelinya.

  1. Menyediakan Jasa Kelola Akun

Jasa yang satu ini cukup unik dan tidak begitu dikenal. Pasalnya, tugas utamanya adalah mengelola akun milik orang lain. Meski demikian, tanggung jawab yang diampu pun sesuai dengan cuan yang didapat. Karena itulah tidak jarang para pengelola atau pihak admin yang menganggap jasa ini sebagai pekerjaan sambilan hingga full time.

Sekali lagi tanggung jawab dan tugasnya sesuai dengan jenis akun atau Facebook yang dikelola. Pada umumnya, jasa ini berperan besar untuk toko online atau olshop yang tidak terlalu besar. Tugas yang dilakukan dapat mencakup aktivitas admin. Namun, untuk akun yang jauh lebih besar dan memiliki cakupan lebih luas maka tugasnya pun akan semakin rumit.

Sebut saja, beberapa tugas seperti penerapan Facebook marketing, ads, tentang social media marketing, dan lain sebagainya. Terkadang mereka yang ingin mencoba cara mencari cuan yang satu ini wajib paham dan mampu bergulat dengan dunia maya. Ilmu manajemen ditambah dengan ilmu teknologi adalah bekal terbaik.

Untuk jenis tanggung jawab yang jauh lebih rumit, cara mendapatkan uang dari Facebook tersebut disebut sebagai Social Media Specialist. Profesi ini bukanlah pekerjaan kaleng kaleng. Pasalnya, ada banyak ilmu yang harus dimiliki. Bahkan ada pula para profesional di tengah peluang tersebut. Karena itulah spesialis ini punya bayaran yang cukup besar.

Sama halnya dengan social media lainnya, Facebook memberikan peluang para creator dan online business untuk meraup untung. Fitur dan fungsi yang disediakan oleh platform sudah mendukung dengan baik berbagai kebutuhan tersebut. Seperti sistem monetize, traffic, fanpage, hingga link shopify, yang mana bisa Anda pelajari lanjut dari kangsandi.id.