Bisnis Online untuk Pelajar di Instagram

Instagram merupakan salah satu media sosial populer yang banyak digunakan di Indonesia. Media sosial ini biasanya digunakan untuk membagikan foto maupun video tentang aktivitas atau kegiatan penggunanya. Namun, seiring dengan berkembangnya bisnis online, Instagram kini kerap digunakan untuk mempromosikan produk.

Batas usia minimal pengguna Instagram adalah 13 tahun. Artinya, pelajar yang usianya 13 tahun ke atas dapat memulai bisnis online untuk pelajar di Instagram. Misalnya beberapa bisnis online berikut:

  1. Fotografi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Instagram merupakan media sosial yang didesain khusus untuk membagikan foto. Oleh karena itulah meng-upload foto-foto hasil jepretan di Instagram dapat dilakukan. Dengan cara ini, pelajar yang memiliki skill di bidang fotografi dapat menunjukkan kemampuan sambil mempromosikan jasanya.

Apabila hasil jepretannya bagus, maka klien pun akan datang dengan sendirinya. Jangan lupa untuk mencantumkan kontak yang dapat dihubungi agar calon klien dapat menghubungi dengan mudah. Cek fotografer sukses di https://nuordertech.com/.

  1. Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan salah satu metode bisnis online yang tidak membutuhkan modal sama sekali, mirip seperti dropshipper.

Bedanya, bisnis online yang satu ini dilakukan dengan mempromosikan link afiliasi ke media sosial, blog, website, maupun forum online. Apabila ada orang yang melakukan klik dan pembelian melalui link tersebut, maka Anda akan mendapatkan komisi.

Besarnya komisi yang didapatkan sangat tergantung dari barang, produk, atau jasa yang dijual dan kisaran komisinya tidak sebesar reseller. Namun, bisnis online ini relatif mudah dilakukan sehingga sangat cocok untuk pelajar yang masih pemula.

  1. Reseller atau Dropshipper

Salah satu bisnis online yang relatif mudah dan dapat dilakukan oleh pelajar adalah menjadi reseller atau dropshipper. Untuk melakukan bisnis ini, diperlukan media promosi. Salah satu yang paling kerap digunakan adalah media sosial, termasuk Instagram.

Salah satu kelebihan menjadi reseller adalah bebas menentukan sendiri harga jual produk. Namun, kekurangannya adalah dibutuhkan modal untuk membeli produk atau barang dari supplier serta tempat penyimpanan untuk meletakkan stok barang.

Tidak seperti reseller, dropshipper tidak membutuhkan modal berupa uang untuk membeli barang dari supplier maupun tempat penyimpanan untuk meletakkan stok barang. Dropshipper hanya perlu meneruskan pesanan konsumen ke supplier yang nantinya akan diproses dan dikirimkan oleh supplier ke alamat konsumen.

  1. Make Up Artist

Pelajar zaman sekarang umumnya sudah tahu tentang make up. Bahkan ada juga yang memiliki keterampilan make up yang memadai. Bagi pelajar yang memiliki keterampilan tersebut, Instagram adalah tempat yang cocok untuk memamerkannya. Pasalnya, hal ini dapat dijadikan bisnis.

Ada banyak orang yang membutuhkan jasa make up artist demi tampil maksimal di hari istimewa. Oleh karena itulah usaha jasa ini akan selalu dibutuhkan pada acara penting seperti wisuda, pertunangan, pre-wedding, pernikahan, dan lain-lain.

Dengan mengunggah dan mempromosikan kemampuan melalui Instagram, kesempatan untuk mengembangkan bisnis make up artist pun akan terbuka lebar. Namun, jangan lupa untuk mencantumkan nomor aktif yang dapat dihubungi di profil.

Bisnis online untuk pelajar di Instagram yang dapat dilakukan sebenarnya masih banyak, termasuk promo paid dan jasa titip. Namun, ketekunan dalam menjalankan usaha adalah kunci yang akan mengantarkan pada kesuksesan sekalipun bisnis yang dijalankan adalah bisnis pelajar.

Dengan kata lain, apa pun bisnis yang dipilih, bisnis pelajar akan sukses apabila dilakukan dengan serius dan sepenuh hati.