Artikel Ilmiah adalah

Artikel ilmiah merupakan salah satu dari jenis artikel, yaitu suatu karangan yang menggunakan data-data berupa fakta sebagai dasar penulisannya. Oleh karena itulah artikel ilmiah pun dibuat dengan berdasarkan pada fakta-fakta yang ditemukan. Namun, isi dari artikel ilmiah lebih spesifik, yaitu merujuk ranah penelitian.

Karena cakupannya adalah ranah penelitian, artikel ilmiah memiliki sistematika penulisan yang sedikit berbeda dari artikel pada umumnya. Selain sistematikanya yang berbeda, ciri-ciri artikel ilmiah juga sedikit berbeda.

Apa Itu Artikel Ilmiah?

Ciri artikel ilmiah adalah sebagai berikut:

  1. Rasional

Ciri artikel ilmiah yang pertama adalah bersifat rasional. Maksudnya, artikel ditulis dengan logis sesuai dengan ilmu pengetahuan serta data-data penelitian yang ditemukan di lapangan.

Oleh karena itulah artikel ilmiah yang merupakan karya tulis lengkap dan laporan penelitian ini juga dapat digunakan sebagai dasar dari penelitian berikutnya.

  1. Objektif

Selain rasional, ciri-ciri lain dari artikel ilmiah yaitu bersifat objektif. Maksud objektif di sini adalah sesuai dengan fakta atau data yang didapatkan dari penelitian. Oleh karena itulah data-data yang dipaparkan dalam karya ilmiah pun sesuai dengan fakta dan tidak dipengaruhi oleh subjektivitas atau preferensi dari penulisnya.

Misalnya, topik penelitian adalah tentang preferensi buah-buahan yang disukai oleh masyarakat di kota dan desa. Maka, data yang akan disampaikan pada karya ilmiah adalah data-data yang didapatkan dari survei.

Dengan kata lain, penulis karya ilmiah tidak akan memasukkan opininya tentang buah yang disukainya tanpa didasari dengan data atau sumber yang jelas. Karena sifatnya yang objektif inilah karya ilmiah memiliki kontribusi yang besar dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

  1. Kritis

Karya ilmiah bersifat kritis karena pada dasarnya karya ini dibuat berdasarkan penelitian tentang suatu permasalahan. Dari suatu permasalahan-lah suatu penelitian dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan. Kemudian, hasil penelitian tersebut dituangkan dalam bentuk laporan (artikel ilmiah).

Selama mencari solusi atau jawaban atas permasalahan tersebut, penulis artikel ilmiah akan terus mencari sumber-sumber atau data penelitian sebelumnya yang relevan dengan topik yang diteliti kemudian menghubungkannya dengan permasalahan yang dihadapi.

  1. Gaya bahasa baku

Artikel ilmiah menggunakan gaya bahasa formal dan baku. Ini karena pada dasarnya karya ilmiah dibuat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Karya tersebut juga akan dipublikasikan di jurnal ilmiah tertentu yang dapat diakses oleh siapa pun yang membutuhkan data dan laporan penelitian dalam karya ilmiah tersebut.

Dengan kata lain, karya ilmiah tidak diperuntukkan untuk kalangan tertentu saja. Karya tersebut juga dapat diakses oleh orang lain dari luar instansi dan bahkan digunakan oleh peneliti dari luar negeri. Oleh karena itulah gaya bahasa yang digunakan pun gaya bahasa formal dan baku yang dapat diterjemahkan ke dalam bahasa lain.

  1. Pengutipan sumber yang jelas

Salah satu ciri artikel ilmiah adalah adanya pengutipan sumber yang jelas serta daftar pustaka. Dari daftar pustaka inilah seseorang yang melakukan penelitian serupa dapat melacak karya ilmiah atau laporan penelitian sebelumnya. Ciri ini tidak dapat dijumpai pada jenis artikel lain sehingga menjadi salah satu ciri khas artikel ilmiah.

Jika mengetahui tentang pengertian dan ciri artikel ilmiah belum cukup untuk memahami tentang jenis artikel yang satu ini, Anda dapat mencari contoh artikel ilmiah. Anda dapat mencari contoh artikel ilmiah di internet, yaitu artikel ilmiah berbentuk file pdf yang telah dimuat di jurnal.