4 Pekerjaan yang Bakal Digantikan Oleh Robot

Perkembangan teknologi yang pesat berdampak besar pada lapangan kerja. Selain memunculkan banyak jenis pekerjaan baru dibidang digital, namun disisi  membuat pekerjaan yang sebelumnya dapat dilakukan manusia bisa digantikan oleh robot.

Ada beberapa jenis pekerjaan yang juga nantinya akan dapat digantikan oleh robot. Berikut daftar lengkap pekerjaan tersebut:

1. Kasir

Self checkout saat ini sudah diterapkan oleh beberapa negara deperti US dan Jepang. Manusia tidak lagi bertugas di balik mesin kasir, namun dilakukan oleh konsumen sendiri melalui mesin.

2. Operator telepon, resepsionis, telemarketer

Di masa depan teknologi voice recognition akan makin canggih. Dengan begitu perusahaan lebih mudah menggantikan peran orang dalam pekerjaan operator atau tellemakerter menjadi mesin.

3. Teller dan Pegawai Bank

Adanya fitur digital yang sudah diterapkan saat ini memungkinkan di masa yang akan datang tidak ada lagi teller dan pegawai bank. Karena sejumlah transaksi dapat dilakukan dengan menggunakan smartphone saja tanpa datang ke bank. Seperti transfer uang, penarikan uang juga bisa dilakukan dengan mesin ATM selain itu banyak toko atau restauran yang sudah menerapkan cashless.

4. Bartender

Saat ini sudah banyak perusahaan  menggunakan mesin untuk menggantikan bartender untuk menyajikan minuman. Salah satunya adalah layanan Briggo yang  menggantikan barista dengan robot untuk membuat minuman dan belajar membuat menu baru.

Itulah beberapa pekerjaan yang bakal digantikan oleh robot. Untuk itu kita perlu menyiapkan diri dari segala kemungkinan yang ada di depan dengan mengasah kreativitas agar tidak tergerus oleh jaman.