4 Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi

Kamar mandi yang bernoda sangat membandel sampai membentuk kerak bisa mengurangi kenyamanan serta estetika. Noda pada kamar  mandi yang sering kita jumpai adalah noda kuning dan noda semen.

Noda kuning biasanya  muncul karena ada kandungan mineral seperti ion besi dalam air yang terdapat pad air. Jika dibiarkan dalam waktu yang cukup lama, maka ion besi akan membentuk endapan berwarna kuning. Endapan ini mempunyai sifat  basa.

Jika terjadi hal tersebut, Anda tidak perlu khawatir. Semua noda  bisa dihilangkan hanya dengan bahan mudah untuk  ditemukan dalam aktivitas sehari-hari. Berikut penjelasan, yaitu:

  • Cuka

Cuka adalah bahan  campuran dari asam asetat dan air. Cuka dapat membersihkan kerak kamar mandi. Caranya adalah cukup menuangkan cuka secukupnya. Setelah itu, gosok  pada bagian yang dibersihkan.

  • Soda kue (baking soda)

Soda kue  adalah  bahan alternatifnya untuk membersihkan kerak kamar mandi. Anda dapat mencampurkannya dengan air. Cairan dituangkan pada bagian yang akan dibersihkan. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Gosoklah dan dibilaslah menggukan air.

  • Campuran garam dan perasan lemon

Karakteristik lemon yang asam juga dapat menjadi alternatif untuk membersihkan kerak kamar mandi. Anda hanya perlu mencampurkan keduanya dan mendiamkannya selama beberapa saat, lalu membilasnya dengan air.

Cara-cara di atas mungkin harus dilakukan berkali-kali hingga mendapatkan hasil yang sempurna. Jika setelah melakukannya berkali-kali namun tidak membuahkan hasil, Anda dapat beralih ke penggunaan cairan pembersih khusus penghilang kerak.