Berkenalan Siklus Air yang Penting Untuk Kehidupan

Bumi yang kita tinggali mempunyai banyak sekali air. Bahkan sekitar 71 persen permukaan planet kita tercinta ini terdiri dari air. Angka tersebut merupakan angka yang sangat besar sekali. Mau tahu fakta yang lebih mengejutkan lagi? Hampir semua air yang ada di Bumi bukanlah air yang bisa Anda minum. Ya, banyak sekali air asin yang ada di permukaan Bumi.

Dengan banyaknya air asin yang ada di planet ini, pasti Anda bertanya-tanya mengapa Anda masih bisa menikmati air yang tidak asin, bersih, dan dapat dikonsumsi. Karena itulah pada kesempatan kali ini, Anda akan berkenalan dengan siklus air. Jadi, apa yang dimaksud siklus air? Mengapa siklus air berperan penting bagi Anda yang mengonsumsi air sehari-harinya?

Siklus Air

Sebagai sumber kehidupan, air tidak boleh habis. Dengan adanya siklus air inilah maka kebutuhan air untuk makhluk hidup bisa terpenuhi meskipun kebanyakan air yang ada di Bumi ini terdiri dari air asin. Selain siklus air, perangkat yang bisa mendistribusikan air ke rumah tangga seperti filter air juga berperan besar dalam kehidupan Anda.

Ada beberapa rangkaian sehingga air bisa mencapai tempat Anda. Air hujan bisa terjadi karena ada rangkaian peristiwa tertentu. Air hujan inilah yang akan ditampung oleh sumur sebagai sumber air bagi manusia. Dengan bantuan filter air, maka air yang mengalir dalam rumah Anda sudah dalam keadaan bersih dan siap dipakai untuk kegiatan sehari-hari.

Karena itulah jika filter air Anda rusak, maka air hujan yang ditampung oleh penampungan air tidak bisa mendistribusikan air. Harga filter air pastinya terjangkau karena ini merupakan peralatan yang wajib ada dalam setiap tempat yang menggunakan air untuk kegiatan sehari-harinya. Siklus air bersih tidak terlepas dari perangkat ini.

Siklus air dimulai dari terjadinya penguapan atau evaporasi. Air-air yang ada di Bumi terdiri dari ari sungai, air danau, bahkan air laut yang sangat banyak sekali jumlahnya. Dengan adanya sinar matahari, maka terjadilah penguapan ke atas (langit).

Dari uap tersebut, akhirnya bentuk air yang cair bisa berubah menjadi gas. Hal inilah yang dimaksud dengan kondensasi. Dari uap-uap inilah maka awan bisa terbentuk. Awan-awan ini mengandung air dari berbagai jenis sumber, bahkan terdapat pula awan yang mengandung air laut. Apakah rasanya akan asin? Tentu saja tidak!

Air hujan merupakan air yang berasal dari awan yang mengalami proses presipitasi. Proses ini membantu awan tersebut mengeluarkan rintik-rintik hujan. Air hujan yang turun ke dataran ini akan ditampung oleh manusia lewat system drainase, terowongan, ataupun sumur. Dengan menggunakan filter air, maka air sumur bisa menyalurkan air yang bisa digunakan oleh manusia.

Pentingnya Filter Air

Jika filter air yang digunakan di sumur Anda mengalami kerusakan, tentunya bisa berakibat buruk karena sikus air dalam rumah Anda menjadi terganggu. Jika Anda mengalami hal demikian, segera belilah filter air yang baru. Harga filter air yang terjangkau bisa Anda temkan dimana saja. Dengan filter air yang bagus pula maka air bersih bisa Anda nikmati setiap harinya.

Apa yang dimaksud dengan siklus air? Siklus ini mempunyai peranan yang penting bagi kehidupan manusia. Siklus air juga terjadi setiap hari, sehingga makhluk hidup yang tinggal di Bumi bisa mendapatkan sumber air yang bersih dan juga berlimpah. Meskipun begitu, jangan lupa untuk berhemat air ya.