Minuman yang Dilarang untuk Ibu Hamil Karena Membahayakan

Bagi ibu hamil, ada kalanya ingin mengonsumsi minuman yang bisa meredakan mual dan membuatnya merasa segar. Namun, tahukah Anda bahwa ada minuman yang dilarang untuk ibu hamil?

Meski begitu, ternyata masih banyak bumil yang meminumnya berlebihan. Padahal, itu akan berakibat buruk untuk janin dan dirinya. So, simak minuman apa saja yang tidak boleh dikonsumsi berlebihan selama kehamilan!

Kopi

Apakah Anda termasuk pecinta kopi? Nyatanya, pecandu kopi tak hanya lelaki melainkan wanita juga. Jika Anda termasuk salah satunya, cobalah berhenti apalagi dalam kondisi hamil. Ini karena kandungan kopi kurang bagus untuk ibu hamil.

Kafein bisa menimbulkan resiko keguguran khususnya di trimester pertama. Maka, Anda bisa berhenti mengkonsumsinya demi janin. Walaupun sulit, cobalah bertahap atau membatasinya.

Teh Hijau

Sama halnya kopi, teh hijau juga mengandung kafein. Namun, siapa sangka, teh hijau ini menciptakan candu yang luar biasa. Tak heran, jika banyak kaum wanita yang selalu meminumnya. Apalagi minuman ini tergolong minuman sehat.

Namun, bagaimana jika ibu hamil yang mengkonsumsinya? Boleh, namun harus diminimalisir. Kenapa? Jika bumil mengkonsumsinya terus menerus, metabolisme akan meningkat hingga puncak. Selain itu, asam folat tidak bisa terserap dengan baik. Hal ini akan menyebabkan masalah pada janin.

Minuman Berwarna dan Bersoda

Pada zaman ini, banyak yang menyukai minuman ringan dalam keseharian. Apalagi, sekarang banyak beredar minuman kemasan dengan pemanis buatan serta kandungan gula yang tinggi.

Bagi ibu hamil, minuman itu sangat menyegarkan dan bisa meredakan mual. Namun, jika berlebihan mengkonsumsinya akan berdampak buruk untuk kehamilan.

Salah satu akibatnya yakni berpotensi meningkatkan diabetes gestasional. Hal ini tentu bisa menciptakan komplikasi selama masa kehamilan hingga persalinan.

Setelah mengetahui minuman yang dilarang untuk ibu hamil, Anda bisa mencoba meminimalisirnya meski secara bertahap. Ini untuk kebaikan dan kesehatan Ibu serta calon buah hati. Stay healthy!