Belajar Present Tense dengan Mudah

Untuk bisa berbahasa Inggris yang lancar, ada banyak hal yang harus dilakukan tentunya dengan mempelajari sejumlah materi susunan kata dan juga susunan kalimat dengan menggunakan rumus. Sebagai salah satu materi yang harus dikuasai adalah materi tenses atau grammar. Salah satu materi tenses atau grammar adalah simple present tense.

Pengertian dan Cara Penggunaan Simple Present Tense

Simple present tense sendiri adalah sebuah tenses dalam Bahasa Inggris yang wajib dikuasai oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan tenses yang paling sering digunakan adalah present tense. Semua orang bisa dengan mudah dan lancar untuk membentuk sebuah kalimat dengan baik jika mereka bisa menguasai sejumlah tenses di dalam Bahasa Inggris yang salah satunya adalah present tense sendiri.

Untuk simple present tense sendiri adalah sebuah tenses yang digunakan untuk menjelaskan beberapa hal seperti fakta, kejadian, maupun Tindakan yang sedang berlangsung pada masa saat ini atau kegiatan yang berlangsung secara berulang kali. Untuk kata kerja yang digunakan di dalam simple present tense sendiri adalah infinitive verb maupun bentuk dasar dari kata kerja yang akan menunjukkan aksi maupun Tindakan.

Apabila subjek di dalam kalimatnya sendiri adalah singular noun atau third person singular pronoun, maka verb 1 perlu ditambahkan s atau es atau ies. Sedangkan untuk subjek di dalam kalimatnya berupa pronoun I, you, boys, women, rulers, plural pronoun seperti they, we, maka verb 1 nya tidak pelru ditambahkan s. es atau ies.

Rumus Present Tense

Agar bisa ahli dalam belajar Bahasa Inggris, maka ada beberapa hal yang wajib dipahami salah satunya adalah belajar rumus yang harus digunakan. Untuk salah satu rumus yang harus dipahami adalah rumus dari present tense sendiri. Untuk rumus yang harus dipelajari diantaranya sebagai berikut ini:

  • Untuk Kalimat Positif Simple Present Tense

S + Verb 1 atau Be (is/am/are)

Contoh kalimat:

  • He catches a fish

  • They are humble

  • Untuk Kalimat Negative Simple Present Tense

S + Auxiliary Verb (do/does) + not + Verb 1 (bentuk dasar)atau S + Be (is/am/are) + not

Contoh kalimat:

  • He doesn’t catch a fish

  • They aren’t humble

  • Untuk Kalimat Interrogative Simple Present Tense

Do/does + S + Verb 1 (bentuk dasar)atau Be (is/am/are) + S

Contoh kalimat:

  • Does he catch a fish?

  • Are they humble?

Di dalam sebuah kalimat dari simple present tense sendiri, terdapat verb akhiran Jika verb berakhiran -O, -CH, -S, -SH, -X, -Z, maka tambahkan -ES. Ada juga verb yang berakhiran konsonan Y, Jika verb berakhiran konsonan -Y, maka hilangkan dan tambahkan -IES. Ada juga verb yang akan berakhiran dengan vocal Y. Apabila berakhiran dengan vocal Y maka harus ditambahkan dengan s.

Kita saat ini sudah bisa belajar Bahasa Inggris seperti belajar tenses atau grammar dengan cara yang mudah. Untuk cara yang bisa dilakukan adalah dengan mempelajari susunan dari kalimat simple present tense. Belajar Bahasa Inggris adalah cara yang mudah untuk dilakukan. Ditambah lagi saat ini ada banyak kemudahan yang bisa didapatkan dari berbagai tempat pembelajaran Bahasa. Sebuah tempat media pembelajaran untuk Bahasa Inggris dengan mudah bisa dilakukan di salah satu tempat kursus Bahasa Inggris di Jakarta Selatan. Pilihlah tempat kursus terbaik untuk mendapat metode pembelajaran yang terbaik juga pastinya.