Asal Usul Gunung Semeru di Masyarakat

Ada banyak gunung yang ada di Indonesia salah satunya adalah Gunung Semeru. Gunung ini adalah gunung yang letaknya berada di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Ketinggian dari gunung ini sendiri adalah 3676 meter di atas permukaan laut. Puncak gunungnya sendiri dikenal dengan sebutan Mahameru. Gunung ini juga menjadi favorit pada traveller yang hobi hiking karena gunung ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan memanjakan mata.

Puncak Gunung Semeru yang disebut dengan Mahameru ini sendiri berasal dari Bahasa Sansekerta yang artinya Meru Agung. Meru adalah Pusat Jagat Raya dan Agung yang artinya besar. Nama lain dari Semeru ini sendiri juga Semeroe, Smeru dan Smiru.

Dalam salah satu Kitab Kuno yaitu Tantu Pagelaran menceritakan bahwa Ketika Pulau Jawa mengapung terombang ambing di lautan, Batara Guru yang merupakan seorang penguasa tunggal memerintahkan kepada dewa raksasa agar memindahkan Gunung Mahameru di India dan menjadikan sebagai paku Pulau Jawa agar tidak terombang-ambing.

Kemudian, para dewa dan raksasa pun meletakkan Gunung ini di bagian Barat Pulau Jawa yang pada akhirnya dipindahkan lagi ke bagian timur sampai saat ini. Saat pemindahannya sendiri, Gunung Mahameru berceceran dan membentuk beberapa gunung lain yang ada di Pulau Jawa seperti Gunung Pawitra yang dikenal juga dengan sebutan Gunung Penagnggungan. Bahkan gunung Semeru sendiri juga sangat dipercaya sebagai ayah dari Gunung Agung yang ada di Pulau Bali.